Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Hal ini Yang Musti Anda Jaga Jika Bermain Sosial Media

Hal ini Yang Musti Anda Jaga Jika Bermain Sosial Media


Bermain sosial media sangat menyenangkan sampai-sampai seseorang melupakan waktu yang sudah banyak terlewat karena terlalu asik bermain dengan sosial media. Banyak orang yang tahu kalau sosial media berkembang pertama kalinya sejak facebook didirikan pertama kalinya oleh Mark Zuckerberg pada awal era 2000-an yang silam.

Berkembangnya Facebook yang kini sangat mendunia sehingga menyebabkan banyak mengundang orang untuk membuat sosial media yang lainnya. Namun jauh sebelum adanya facebook, twitter dan lain-lain sebenarnya friendster muncul lebih dahulu. Bermain dengan sosial media memiliki batasan yang semestinya setiap orang harus memperhatikannya untuk menjaga keselamatan di dunia sebenarnya dan di dunia maya tentunya. berikut beberapa hal yang musti Anda jaga jika bermain sosial media.

Apa Itu Sosial Media?


Sejarah berdirinya sosial media di internet pada awalnya adalah ketika banyak orang yang berkumpul dalam sebuah grup milis yang menginginkan adanya kedekatan antar sesama anggota yang bisa berbagi informasi seputar data yang mereka butuhkan dalam group milis tersebut. Begitu juga dengan Google yang sudah menyediakan google drive untuk bisa diakses oleh para netizen untuk kepentingan menyimpan data serta berbagi data.

bermain-sosial-media


Perkembangan sosial media begitu sangat pesat ketika para pengguna internet bisa melihat kejadian apa yang mereka lihat lewat posting "update" yang ditulis oleh temannya, sehingga tidak jarang ada istilah "trending topic" dan sebagainya karena sebuah peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang kemudian menjadi heboh gara-gara peran sosial media yang sangat cepat sekali.

Namun penggunaan sosial media sekarang bisa dikatakan menjadi banyak fungsinya, selain untuk meng-update status, sosial media menjadi ajang untuk banyak sekali manfaat diantaranya untuk berpromosi, ajang untuk menjual kemampuan/skill/jasa seseorang di dunia kerja dan lain-lain.

Mengapa harus bijak dalam memakai Sosial Media?


Terlepas dari sejarah sosial media, menggunakan sosial media juga tidak boleh sembarangan. Bukan berarti dalam sosial media kita bisa bebas dalam meng-ekspresi-kan status kita, namun ada beberapa hal yang harus kita jaga jika ingin pertemanan dalam lingkungan sosial media kita tidak menjadi perpecahan ataupun perseteruan akibat perang status yang tidak semestinya terjadi.

Bisa jadi sosial media merupakan sebuah alat untuk mengekspresikan minat positif maupun pembentukan citra karakter kita, yang perlu diingat bahwa status kita kepada seseroang yang ditulis dalam sosial media akan dilihat banyak teman yang bisa jadi status itu akan berdampak kepada mereka yang tidak ada hubungannya dengan apa yang sedang kita alami ketika kita merasakan sesuatu dan menulisnya dalam status di sosial media.

Baca juga : cara berkomunikasi yang baik dan benar

Banyak sekali kejadian yang terjadi sebagai akibat dari status dalam sosial media yang memicu terjadinya perkelahian, perseteruan yang berujung kepada perpecahan. Kita sebenarnya tidak mau itu terjadi oleh karena banyak pengguna sosial media yang tidak terlalu tahu apakah dampak serta manfaat sosial media yang bisa diambil.

Bagi orang tua, sosial media juga bisa membantu perkembangan didik anak-anaknya untuk mengetahui seberapa jauh anak dalam pergaulan sehari-hari dan apa minat anak-anak yang mereka inginkan jika mereka terlibat jauh dalam pergaulan sosial media.

Apa saja manfaat lain dari Sosial Media?


Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa ambil dari sosial media yang ada, seperti sekarang ini banyak para pemimpin yang mengambil keuntungan dari sosial media yang tersedia lebih banyak saat ini untuk bisa menarik perhatian dari para pemilihnya. Sebut saja penggunaan akun di sosial media bagi para pemimpin atau para legislatif agar bisa menarik calon pemilih dengan cara pencitraan dirinya lewat gambar maupun status yang bisa menjadikan inspirasi agar bisa terpilih.

Lain halnya manfaat sosial media untuk bisnis maupun periklanan. Sosial media sudah sangat identik dengan media bisnis online. Tak jarang saat ini orang justru lebih tertarik beriklan di sosial media dibanding di website iklan baris, mengapa demikian. Saat ini sosial media mengadopsi banyak sistem periklanan konvensional yang bisa diterapkan dalam website sosial media, sehingga tidak sedikita para advetiser (pengiklan) yang berburu untuk beriklan di situs-situ sosial media agar iklan produknya bisa terbaca oleh jutaan mata pengguna jejaring sosial media.

Baca juga : ga Boleh ngelakuin ini di kantor

Selain untuk media iklan, sosial media juga bisa dipakai untuk teknik SEO. Teknik SEO adalah sebuah teknik yang biasa dipakai oleh para webmaster agar websitenya bisa menjadi unggulan dalam 10 website hasil pencarian mesin pencari di halaman pertama. Dengan sosial media, seorang webmaster bisa mengambil keuntungan agar websitenya bisa muncul di 10 website pertama hasil pencarian sesuai kata kunci yang dicari orang dalam mesin pencari, caranya yaitu dengan cara men-share artikel yang bisa bermanfaat bagi banyak orang yang biasanya mendapatkan banyak "like" atau commentar sehingga menurut mesin pencari, link dari artikel tersebut pantas mendapatkan posisi pada halaman pertama pencarian.

Jadi sebenarnya banyak yang bisa kita ambil manfaat dari sosial media yang ada saat ini, contoh paling kecil adalah jika kita memakai BBM. Status BBM yang terlalu berlebihan juga bisa membuat teman-teman kita menjadi tidak nyaman, atau bisa juga status yang justru merugikan kita sendiri. Oleh karenanya berhati-hati dalam menggunakan status di sosial media dalam sehari-hari.

Hal ini Yang Musti Anda Jaga Jika Bermain Sosial Media Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar