Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Belajar Buat Blog Sendiri

Hosting Unlimited Indonesia

Belajar Buat Blog Sendiri

Sebagai pemula awalnya saya tidak tahu bagaimana cara ber-bisnis online atau bisnis internet itu seperti apa. Ternyata bisnis internet baru bisa dilakukan jika kita punya sebuah blog. Blog pertama saya masih amburadul saat itu karena memang masih belajar. Ijinkan saya mencoba sharing tentang belajar buat blog sendiri.

Belajar buat blog Sendiri

Ke-tertarikan akan internet, membuat saya untuk belajar membuat blog sendiri dan tentunya dengan bantuan Mbah Google. Awalnya memang tidak sengaja. Setelah bisa membuat blog sendiri menggunakan platform blogspot dan blogwalking ke blog-blog lain, barulah saya mengerti tentang cara bisnis online.

Belajar buat blog sendiri menjadi keasyikan dan sudah pasti saya waktu itu hampir lupa tujuan utama yaitu memulai bisnis online. Karena sering mengganti-ganti template blog atau blogwalking ke blog milik teman blogger lain, menjadikan waktu saya habis untuk itu-itu saja.

Akhirnya ketika membaca sebuah artikel tentang peluang bisnis google adsense dengan menggunakan blog, saya mulai fokus untuk membuat sebuah blog yang berkualitas. Dan dari situ pula saya mulai konsentrasi untuk belajar buat blog sendiri yang berkualitas untuk para pengunjung blog saya.

Tahapan belajar buat blog sendiri

Dalam membuat blog baru di blogspot (www.blogger.com), ada beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan agar nantinya Anda bisa mengerjakan secara setahap demi setahap dalam membangun fondasi blog yang bagus dan kokoh. Tahapannya sebagai berikut:

Pilihlah platform blogspot

Kenapa saya sarankan blogspot?. Karena blogspot adalah milik google, jadi nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan dengan akun gmail Anda untuk mendaftar ke Google Adsense. Apa itu Google Adsense? Google Adsense adalah media iklan milik Google yang dipasang oleh setiap publisher (pemilik blog atau website) dan mendapatkan penghasilan dari jumlah klik visitor yang datang.

Jadi nantinya jika Anda sudah bisa membuat blog sendiri, maka Google Adsense bisa menjadi peluang bisnis untuk keluarga Anda. Dengan konsekuensinya Anda harus terus meng-update blog baru Anda dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan berguna bagi para pembaca blog Anda.

Buatlah akun gmail

Tujuannya adalah untuk memperlancar urusan ngeblog dan urusan daftar Google Adsense nantinya ( kalau memang tujuan Anda adalah monetize blog).

Membuat blog di blogspot

Caranya sangat mudah sekali, jika Anda sudah membuat akun gmail, tinggal ketikkan blogger.com di browser Anda, maka Anda akan menuju halaman untuk membuat blogspot untuk pertama kalinya.

cara buat blog sendiri
cara buat blog sendiri
Masukkan nama blog Anda dan domain blogspot Anda, kemudian pilih theme dan "Voila", jadilah blog Anda yang baru dengan blogspot.

cara memberikan nama blog baru
cara memberikan nama blog baru
Isilah artikel blog baru Anda dengan artikel yang unik, fresh dan menarik pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog baru Anda. Maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa mengikuti program iklan dari Google Adsense di blog baru Anda. Isi dengan artikel yang unik serta jumlah kata yang banyak (antara 300-500 kata setiap postingan), sehingga Anda bisa lulus review Google untuk program Adsense-nya.

Semoga artikel belajar buat blog sendiri ini berguna bagi Anda yang ingin memulai bisnis online lewat Google Adsense. Silahkan untuk dibagikan kepada relasi Anda jika artikel belajar buat blog sendiri ini bermanfaat.

Belajar Buat Blog Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown