Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Google PageRank Bakal Menghilang Tapi Kok di-Update..??

pagerankEntah kenapa tiba-tiba Google berniat menghilangkan Pagerank yang merupakan salah satu ikon yang paling banyak dicari oleh setiap blogger dan webmaster dari seluruh dunia. Pagerank dipakai sebagai indikasi apakah sebuah situs atau blog menjadi penting karena banyaknya link yang menuju situs tersebut. Namun setelah melakukan blogwalking ke temen blogger lainnya pada hari ini (1/11/09), malah ada yang naik PR-nya (begitu juga ada yang turun), lalu kenapa Google ingin menghilangkan Pagerank tapi kok malah di-update?

Perhitungan Pagerank termasuk itung-itungan algortima yang paling nge-jelimet yang pernah saya pelajari ada dan tidak bisa diprediksi selain oleh Google sendiri (ya iyalah..). Namun ada cara-cara tertentu yang simpel dan bisa kita pelajari untuk menaikkan PR blog kita.

Misalnya dengan bertukar link dengan sesama blogger atau webmaster lainnya. Dan yang perlu diperhatikan jika anda ingin menaikkan Pagerank dengan cara bertukar link adalah anda harus memperhitungkan jumlah inbound link dengan outbound link anda. Artinya sebisa mungkin jumlah outbond link anda adalah blog yang harus memiliki PR yang lebih tinggi dari blog anda, atau minimal sama dan harus lebih banyak dengan blog dengan PR yang lebih rendah dari blog anda.

Ini bukan berarti mengajarkan tukeran link dengan cara pilih-pilih blog yang berPagerank tinggi, namun sebaiknya anda juga harus memilih blog yang dofollow dan jangan bertukar link adalah blog yang memiliki "unranked page".

Kembali ke laptop topik. Kalaupun Pagerank dihilangkan, lalu apa yang menjadi patokan bahwa sebuah situs tersebut penting atau tidak?, terus bagaimana dengan PR-nya Google sendiri?. ah kok pusing amat sih, lha wong PR blog ini dari dulu "ngejedog" di PR-3 dan ga pernah naik naik.

Jadi intinya kalau anda memang sudah terbiasa dengan bisnis review, berdoalah agar Pagerank tidak jadi dihilangkan oleh Google. Dan jika memang bakal dicabut...yah..berarti blog kita akan sama-sama seperti satu keluarga, tidak ada yang membedakan antara blog satu dengan blog yang lain, kecuali "traffik".

Nah kalau sudah bicara traffik, pasti berhubungan dengan ikon-ikon traffik seperti Alexa atau Technorati. Ada kemungkinan antara dua ikon ini akan menggantikan supremasi dari Pagerank, Kita tunggu saja.

Jadi kesimpulan jadi tidaknya dihapus Pagerank oleh Google, jangan sampai menyurutkan kita sebagai blogger untuk menjalin persahabatan di dunia blogging dengan saling bertukar link, setuju..?. (kalau yang ga' setuju kelaut aja..hehe..piss)

Oh ya selamat buat temen-temen blogger yang naek kelas alias Pagerank-nya mengalami kenaikan tingkat pada awal bulan November ini. Semoga semakin giat dan gencar mengisi blog-nya masing-masing dengan artikel bisnis online yang bermanfaat.

Happy Pageranking...

Google PageRank Bakal Menghilang Tapi Kok di-Update..?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar