Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Trik Maksimalkan Traffic Blog

Ketika kita memulai untuk membuat sebuah blog buat bisnis, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana blog kita tersebut nantinya bisa menyedot pengunjung yang datang baik via search engines atau melalui link referensi dari blog lain (Referring Sites), atau kalau boleh dibilang sih bagaimana caranya kita me-review hasil SEO yang sudah kita terapkan dalam blog kita, sehingga dengan demikian kita bisa memaksimalkan traffic yang datang ke blog kita.

Sebenarnya perlu juga buat kita melihat traffic yang datang ke blog / website bisnis kita, sehingga kita bisa melihat data-data yang lebih akurat tentang tipe-tipe pengunjung ke blog, kemudian dari mana ajah sih sebenarnya pengunjung kita berasal, apa itu dari pengunjung baru (new visitors) atau pengunjung yang datang kembali (returning visitor).

Lalu bagaimana cara melihat traffic yang datang ke blog kita, salah satunya yaitu dengan menggunakan Google analytics dari Mbah Google. Caranya-pun tergolong mudah dengan membuat account dari Google tentunya, kemudian kita tinggal medaftarkan blog kita, terus meng-copy kode tracking yang diberikan Google kedalam blog kita, setelah itu kita bisa melihat grafik kedatangan pengunjung kita (biasanya bisa dilihat keesokan harinya).

Terdapat 5 data yang penting untuk bisa kita pelajari dari Google analytics, antara lain :

- visits
- pages/visit
- avg.time on visit
- % new visits
- bounce rate,

sekarang mari kita bahas satu persatu,

1. Visits

Kalau ini sih semua pasti sudah pada tahu, yang namanya visit berarti jumlah pengunjung yang membuka blog kita, (bener khan..?), peduli apakah dia mengklik iklan kita, blog roll atau buka-buka halaman kita yang lain, pokoknya jumlah total pengunjung yang datang, setuju...? lanjut..

2. Pages/visit

Nah kalau ini, bisa diterjemahkan berapa jumlah halaman yang dibuka-buka pengunjung di setiap kunjungan-nya, biasanya ditandai dengan persentase.

3. Average time on visit

namanya juga average, yang kalau diartikan sama dengan rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung kita ketika membuka blog kita, semakin lama waktu yang mereka habiskan, berarti blog kita mendapat perhatian yang bagus oleh mereka, sehingga mereka mau berlama-lama ria di blog kita (mungkin ini terjadi kalau konten blog kita menarik untuk dibaca). Kebalikannya kalau average time on visit-nya kecil, berarti mereka cuma numpang lewat.

4. % new visits

dari data new visit ini, kita bisa pelajari siapa-siapa saja yang merupakan pengunjung baru kita, mungkin mereka datang dari search engine atau dari backlink kita.

5. Bounce Rate

Untuk data yang terakhir ini, bounce rate paling nge-bete'in kalau nilainya besar, karena pengertian bounce rate adalah pergerakan pengunjung kita yang cuma "cuci mata" dihalaman pertama saja, tanpa ada niatan untuk nyobain "klak-klik" disana sini lalu pergi tanpa meninggalkan kesan dan pesan, hik..hik....teganya..:)

selain 5 data diatas, tersedia juga fitur-fitur lainnya yang 'gak kalah pentingnya untuk meng-optimalkan blog kita di Search Engine.
silahkan untuk mendaftar di Google analytics atau klik disini.

Happy blogging.....

Trik Maksimalkan Traffic Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar