Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

4 Strategi Mendapatkan Backlink yang Efektif

Salah satu penerapan SEO yang paling mujarab adalah mendapatkan backlink dari blog / situs milik orang lain. Tidak jarang kita mendapatkan backlink namun ternyata backlink yang kita dapat tidak efektif untuk membantu ranking SEO blog kita. Yang lebih parahnya lagi backlink yang kita dapat justru dari situs / blog yang telah dibanned oleh Google. Minimal untuk mendapatkan backlink kita harus meninggalkan jejak (komentar) pada blog yang kita singgahi atau berkolaborasi dengan pemilik blog / situs yang lain. Seperti apakah backlink yang paling ideal dan strategi yang bagaimana untuk mendapatkan backlink yang efektif?.

Untuk bisa mempunyai backlink yang bermutu pada keyword yang sedang anda jago-kan biasanya bisa dari bermacam-macam sumber. Ada satu strategi yang paling mudah untuk meninggalkan backlink menuju ke situs / blog anda, yaitu dengan menuliskan keyword pada isian nama pada kolom komentar yang akan anda isi di blog orang lain.

Biasanya orang akan menuliskan nama lengkap mereka pada kolom tersebut, namun jika anda ingin meng-optimasi-kan blog anda dengan keyword yang sedang anda target, silahkan isi dengan keyword tersebut. Namun yang paling penting , saya akan pastikan anda untuk mengikuti 4 strategi untuk mendapatkan backlink yang efektif selain meninggalkan komentar pada blog orang lain tadi.

Yang pertama : segera dapatkan backlink anda dari blog / website yang memiliki pagerank yang score-nya lebih tinggi dari yang anda miliki. Ini sangat berpengaruh terhadap rank blog anda di mata Google, karena blog anda dinilai mempunyai korelasi dengan blog / situs yang dianggap penting oleh Google (pagerank tinggi). Karena logikanya situs dengan pagerank tinggi adalah situs yang aman dari ancaman banned-nya Google.

Strategi kedua : backlink harus mengandung keyword. Artinya kalau dapat backlink dari website lain, mintalah blog / website tersebut menggunakan keyword yang Anda ingin optimasi, bukan tulisan "klik disini". Ini cuma bisa dilakukan dengan mudah apabila anda telah berkolaborasi dengan blogger atau webmaster yang membuat backlink berupa keyword yang anda inginkan. Oleh karena itu sering-seringlah untuk menjalin kontak dengan mereka.

Strategi ketiga : backlink anda harus datang dari website yang punya relevansi topik dengan blog / website Anda. Jadi kalau backlink itu datang dari website yang tidak memiliki relevansi topik / tidak setipe dengan blog Anda, maka backlink tersebut tidak efektif.

Strategi yang keempat : yaitu jika backlink datang dari keyword yang terdapat di dalam suatu artikel itu akan lebih baik, saya akan beri contoh misalnya pada artikel Blog SEO Abi Bakar yang menuliskan keyword Blog Buat Bisnis saya pada salah satu artikel beliau disini. Pastinya akan menambah nilai lebih pada optimasi SEO blog anda

Oke cukup jelas khan?, semoga bermanfaat, jika teman-teman punya saran lain tentang bagaimana cara efektif untuk mendapatkan backlink, silahkan untuk menulis pada komentar di bawah.

Happy SEO.

4 Strategi Mendapatkan Backlink yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar