Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

BlackTrans Solusi kemacetan Jakarta........

Acara blackinnovationawards yang menjaring ide-ide atau karya-karya anak muda dalam menciptakan sebuah innovasi yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan. Berawal dari kata inovasi, saya mencoba untuk mengungkapkan satu dari permasalahan ibukota yang ada, tentunya mungkin bisa dicarikan solusinya. Kata inovasi dalam blackinnovationawards yang kini sedang gencar-gencarnya di suarakan oleh Djarum Black kepada kontestan peserta Djarum Black Blog Competition sebagai salah satu keyword yang harus dicantumkan, menggugah saya untuk menghadirkan tulisan ini. Sebab dengan inovasi-lah kita bisa berkreasi menciptakan suatu ide/saran untuk bisa memberikan solusi terhadap suatu permasalahan.

Masalah perkotaan memang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan kota itu sendiri, Jakarta sebagai ibukota menyimpan banyak sekali persoalan yang kompleks, kita ambil contoh pembangunan Banjir Kanal Timur . Selain membawa dampak terhadap aspek kehidupan sosial, misalnya masih terdapat titik banjir di sepanjang bantaran proyek, juga mengakibatkan masalah pelik lainnya yaitu kemacetan, karena dengan adanya proyek ini otomatis akan banyak sekali jembatan yang dibangun yang terhubung ke jalan utama sepanjang bantaran BKT, sedangkan kita tahu setiap hari kerja, jalan ini sudah tidak bisa menampung arus kendaraan yang lewat. Semestinya proyek ini selesai dalam rencana yang telah ditetapkan, namun ternyata fakta di lapangan banyak sekali menghadapi kendala semisal pembebasan tanah/lahan milik warga yang tidak sesuai dengan kesepakatan , sehingga menimbulkan adanya praktek per-caloan tanah. Hal ini menjadi pemicu keterlambatan pembangunan BKT itu sendiri.

Namun ide untuk membangun proyek Banjir Kanal Timur memang patut kita hargai, karena BKT ini "mungkin" salah satu cara yang di lakukan oleh Pemda DKI dalam menanggulangi masalah banjir di kota besar ini, walaupun sebenarnya BKT hanya menyumbangkan sedikit porsi dalam masalah penanggulangan banjir, yang sebenarnya titik permasalahan banjir di Jakarta adalah tidak adanya perencanaan tata kota yang maksimal dan pengawasan Amdal yang kurang berkesinambungan terhadap pembangunan yang berjalan, apakah itu infra-struktur atau lainnya, lihat saja jalan tol menuju bandara Sukarno-Hatta yang selalu kebanjiran ketika musim hujan atau adanya pasang air laut , akibat pembangunan kawasan rumah mewah di sepanjang pantai disisi jalan tol tersebut yang seharusnya menjadi hutan bakau.

Ide dalam perkembangan BKT nantinya sungguh sangat dinantikan, karena fungsi BKT selain menjadi alternatif pengurai banjir, bisa juga dimanfaatkan sebagai transportasi sungai. Transportasi sungai di kota Jakarta jumlahnya sangat terbatas sekali bahkan boleh dibilang tidak ada sama sekali, selain sungai itu sendiri yang tidak dikelola dengan baik oleh Pemda, yang tentunya sering mengakibatkan banjir di setiap musim hujan, kemudian minat masyarakat yang kurang terhadap transportasi massal untuk jenis ini, misalnya transportasi sungai yang pernah dicoba oleh Pemda DKI di sepanjang sungai ciliwung di daerah dukuh atas, yang kemudian terhenti pengoperasiannya akibat banyaknya sampah yang menggangu jalannya angkutan tersebut.

Kaitannya dalam penyelenggaraan Blackinnovationawards yang di gelar oleh Djarum Black, saya ingin dalam ajang tersebut menyumbangkan ide untuk membuat alternatif transportasi sungai yang akan memanfaatkan jalur BKT tersebut yang kemudian dinamakan BlackTrans (Sebagai sumbangan Blackinnovationawards harus memakai kata Black), namun harus ada eksperimen terlebih dahulu agar kejadian pada transportasi sungai yang sebelumnya tidak terulang pada alat hasil kreasi ajang Blackinnovationawards ini. Artinya sungai yang mengalir pada jalir BKT harus bersih, tidak boleh ada sampah yang bisa menggangu jalannya transpotasi tersebut, lalu jembatan-jembatan yang melintasi sungai sepanjang BKT harus dibuat setinggi mungkin agar bisa dilalui alat BlackTrans ini.


Jadi kesimpulannya, kepada seluruh dinas yang terkait dalam pembangunan BKT, seyogya-nya mau konsen dan serius dalam menangani masalah ini dan juga mau mengikuti perkembangan Djarum Black yang terus menciptakan inovasi dan kreasi, sehingga saya yakin semua permasalahan ibukota bisa kita carikan solusinya, misalnya dengan melibatkan anak-anak muda yang ikut dalam lomba blackinnovatinawards ini, atau membaca posting-posting yang membangun dan memberikan solusi pada website/blog-blog kontestan Djarum Black Blog Competition. Saya yakin kita bisa membangun kota Jakarta menjadi kota yang tertib, bersih dan nyaman. Semoga.

BlackTrans Solusi kemacetan Jakarta........ Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar