Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Belajar SEO - Terapkan Strategi Pingback. | Back-linking Strategies (Bag. kedelapan)

Belajar SEObelajar SEO kali ini mungkin paling spesial, karena saya akan mengajak rekan-rekan sekalian untuk menelusuri tentang strategi pingback. Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas yang menuju blog kita, salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pingback, sehingga pada akhirnya pingback tadi akan menjadi sebuah backlink yang mendatangkan trafik serta mendapat penilaian dari search engine sebagai backlink yang bisa meningkatkan ranking blog kita, bagaimana menerapkan strategi pingback yang tepat, saya berharap tulisan ini bisa sedikit menjelaskan kepada anda.

Backlink yang awalnya berasal dari proses pingback yang bersumber dari blog yang kita "ping", merupakan sebuah nilai tambah yang bisa membantu posisi blog kita di mata search engine. Backlink adalah salah satu teknik SEO yang paling memiliki pengaruh besar dalam pergerakan blog kita di urutan halaman pertama search engine

Oke sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu "ping" dan apa itu "pingback". Ping adalah sebuah istilah dimana kita membuat sebuah link pada blog kita yang menuju sebuah website/blog yang memiki fasilitas dimana si empunya blog akan menemukan sebuah link yang menuju blognya (yang berasal dari blog kita), kemudian admin blog tadi akan meng-"approve" ping yang kita tulis di blog kita, kemudian ping kita akan menjadi pingback (berupa link yang menuju blog kita), nah pingback inilah yang kemudian menjadi backlink bagi blog kita (lihat gambar).


Dari gambar diatas terdapat 2 blog yang memiliki topik yang sama, yaitu sama-sama tentang tema belajar keyboard. Misal kita mempunyai blog dengan nama blog A, lalu kita memberikan ping kepada blog B (note 1), yang kemudian oleh si empunya blog B terdeteksi adanya ping/link yang berasal dari blog A, olehnya kemudian di approve ping tersebut, sehingga pada blog B terdapat link yang merupakan pingback dari blog A (note 2), nah inilah backlink yang telah sukses didapatkan oleh blog A dari blog B yaitu berupa link yang mengarah ke blog kita (blog A).

Untuk mendapatkan backlink dari blog orang lain tentunya tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi jika kita ingin memperbaiki posisi kita di search engine, kita harus mencari sebuah blog yang memiliki tema atau topik yang sama dengan kita, artinya artikel yang akan kita ping harus punya korelasi dengan tulisan blog kita.

Menurut sepengetahuan saya, biasanya platform blogging yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya ping yang mengarah ke sebuah blog cuma dimiliki oleh wordpress yang berbayar, lalu bagaimana dengan blogspot?, maaf, saya sendiri sampai saat ini belum menemukan adanya fasilitas trackback atau alert yang menandakan adanya ping yang menuju blog saya di blogspot, mungkin teman-teman ada yang sudah tahu?.

Terlepas ada atau tidaknya fasilitas pingback di blogspot, saya tetap menekankan kepada rekan blogger jika ingin mendapatkan pingback yang berkualitas, biasanya didapatkan dari blog-blog yang menganut faham do-follow dan memiliki rank tinggi. Lagi lagi dengan backlink yang kita peroleh tadi tentunya bisa meningkatkan traffik ke blog kita dan pastinya  bisa membuat blog teman-teman ramai pengunjung.

Jika rekan-rekan memiki dummy-blog yang punya rank tinggi, cara ini juga bisa diterapkan, karena secara tidak langsung kita akan mendapatkan backlink yang justru datangnya dari blog-blog satelit kita dan tentunya tidak susah payah mencari backlink dari blog ataupun website lain. Tapi tentunya mencari backlink dengan blog teman-teman juga perlu dilakukan selain mempererat tali silaturahmi sesama blogger kita juga bisa saling belajar SEO dengan rekan blogger lainnya.

Semoga bermanfaat.

Belajar SEO - Terapkan Strategi Pingback. | Back-linking Strategies (Bag. kedelapan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar