Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Belajar SEO | Analisa Link Pesaing, Sebuah Fakta Dibalik Keyword (bagian ketujuh)

Belajar SEOPosting belajar SEO kali ini saya ingin sejenak mengungkapkan beberapa faktor yang penting dalam kaitannya untuk memenangkan sebuah persaingan dalam memperebutkan posisi tertinggi di search engine dengan keyword yang sedang kita bidik. Mengerti dan mempraktekkan teori SEO memang tidak sebentar sobat, sebab yang akan kita sedang kerjakan memerlukan waktu yang tidak sebentar dan mungkin bisa berbulan-bulan, tapi jangan khawatir, terus berlatih dan berlatih pasti akan menghasilkan buah yang manis. Mari saya akan tunjukkan beberapa fakta dibalik keyword dalam belajar SEO kita kali ini.

Di blog ini, memang saya sedang menguji dan menerapkan beberapa ilmu teori SEO yang saya dapat, jujur saja ilmu ini saya dapat bersliweran di mana-mana, tapi kalau kita bisa memilahnya, Insya Allah akan berhasil.

Ada beberapa keyword yang sudah dan sedang, bahkan akan terus saya bidik lagi agar bisa mendatangkan traffik gratis dari search engine, apakah Google.co.id atau Google.com lebih baik, yang ujung-ujungnya kita bisa memonetize blog atau terserah sobat kalau sudah mendapat traffik rame dari Google, mau diapain blog-nya kalau sudah ramai, hehehe..

Pertama-tama, sejak saya buat blog ini, memang pada saat itu saya belum mengenal tentang bagaimana belajar SEO dengan baik, namun ternyata nama blog ini mendapat peringkat di no.1 di google.co.id dengan kata kunci "bisnis blog" dan "bisnis dari blog". saya pun kaget, belajar terus belajar, ternyata keyword pada nama domain/url, tittle blog, description dan header mempengaruhi peringkat kita lho.

Pelajaran ini sangat penting, jika sobat ingin membuat sebuah blog dan menginginkan posisi tertinggi di search engine, riset-lah terlebih dahulu keyword yang akan dibidik, kemudian baru membuat sebuah blog baru (blogger atau wordpress) dengan mengandung kata kunci pada nama blog sobat (baca lagi belajar SEO bagian kedua | Keyword Pada Blog Name, Title, Header, Paragraf).

Untuk jelasnya, coba sobat perhatikan data matrix di bawah ini yang saya ambil dari software Market Samurai free-trial, tentang persaingan kata kunci "belajar SEO".



Tampak domain pada urutan pertama, faham betul tentang aplikasi SEO yang membuatnya melejit pada posisi nomer 1, dengan memiliki kata kunci pada tittle, url, header dan description blog-nya, dan coba sobat perhatikan pada urutan ke-4, padahal dia memiliki banyak backlink yang menuju blog-nya dan PR-nya pun terbilang tinggi, namun website ini tidak memiliki posisi keyword seperti pada blog nomer-1 diatas.

Sedikit keterangan tentang warna-warna di tabel matrix pada image diatas, untuk warna hijau artinya persaingan SEO cukup mudah untuk dikerjakan, untuk warna kuning rada sulit, dan warna merah muda/pink adalah persaingan cukup keras dan memerlukan waktu dan usaha yang gigih dari anda.

Jadi sebenarnya kalau kita ingin mempelajari teknik SEO, maka kita-pun harus tahu tentang posisi link pesaing kita, barulah kita mulai menabuh genderang untuk mulai berperang dan merebut posisi pertama agar usaha kita tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat.

Belajar SEO | Analisa Link Pesaing, Sebuah Fakta Dibalik Keyword (bagian ketujuh) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar