Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

3 Tindakan Darurat Ketika Ranking Blog Anda Turun di Google

Semua orang pasti senang ketika situs/blog mereka muncul di halaman pertama Google, namun ada juga yang sedih bahkan sampai stress ketika melihat situs kesayangannya turun bahkan sampai raib dari halaman pertama Google, padahal situs/blog tersebut sudah lama bercokol di 5 besar pada halaman pertama mesin pencari. Dan tentunya anda pasti tidak mau donk kalau sampai blog kesayangan anda anjlog peringkatnya, Lalu tindakan darurat apa sajakah yang harus dilakukan secepatnya ketika ranking anda turun di Google?, ini dia resep manjurnya.

1. Jangan Panik,
saya sudah 5 kali mengalami dalam 2 tahun terakhir ngeblog dengan kata kunci yang saya bidik di blog ini, dan memang Google setiap harinya pasti melakukan perubahan terhadap algoritma yang mereka buat pada daftar/list/indeks yang ada di hasil pencarian yang mereka lakukan lewat robot crawl-nya.

Kuncinya adalah jangan membuat perubahan besar pada SEO situs/blog anda ketika ranking anda turun, bersabarlah... Google biasanya akan memperbaiki sendiri posisi anda sebelum dalam beberapa waktu. Biasanya kebanyakan para blogger/website owner panik dan melakukan perubahan besar-besaran terhadap "SEO" situs yang "melorot" posisinya di Google. Beberapa Webmaster yang berpengalaman menyarankan untuk "menunggu" untuk beberapa saat sampai posisi anda kembali ke posisi semula. Namun jika dalam periode tersebut posisi anda belum juga pulih, mungkin anda perlu nasihat "sakti" dari pakar SEO untuk menyembuhkan situs/blog anda.

2. Apakah anda menerapkan "Black Hat" ?,
Google punya peraturan bagi webmaster yang harus ditaati agar blog/situs-nya bisa ter-indeks, tentunya kita juga tahu banyak juga bisnis yang melibatkan para webmaster untuk memanipulasi peraturan ini. Jadi ga heran kalau anda melanggar peraturan yang telah mereka buat, resikonya anda bisa terlempar dari hasil pencarian Google.

Jika anda memang "terbukti" melakukan teknik black hat, ada 2 pilihan yang bisa anda pilih, yaitu :

  • segera memperbaiki apa yang telah anda perbuat dan meminta google untuk meng-indeks ulang blog/situs anda, atau
  • Tetap terus menerapkan teknik ini dan terima konsekuensinya

Pernah ada blogger yang minta untuk dipertimbangkan ulang oleh Google , dan akhirnya bisa terindeks kembali dalam beberapa minggu.

3. Bangun Kembali Sumber Trafik Yang Lain,

Mungkin saat ini anda berfikir Google adalah sumber traffik anda yang tak terbantahkan untuk bisa terus mengalirkan pengunjung ke blog/situs anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa Google adalah sebuah mesin pembawa penumpang untuk turun dan melihat serta membaca blog anda, yang paling di-dewa-kan.

Berapa banyak artikel-artikel anda yang terindeks oleh Google dan menghadirkan ribuan pengunjung ke blog anda, namun ketika ranking anda merosot, habis pula pengunjung tersebut dan blog anda kembali sepi.

Adalah cara yang paling bijaksana untuk membangun trafik selain dari Google atau kalau meminjam istilahnya meng-aneka ragam-kan traffik, artinya anda jangan bergantung trafik dari Google saja, misalnya :
  1. Dari member group yang anda miliki di Facebook.
  2. Backlink dari komentar anda di blog milik orang lain (lihat artikel saya tentang bagaimana mendatangkan backlink yang efektif DISINI).
  3. Milis yang anda ikuti, dll.
Intinya adalah
bangun ke-aneka ragaman trafik ke blog anda dari berbagai sumber yang anda ketahui, sebisa mungkin jangan bergantung dari Google semata
, saya yakin ketika ranking anda turun, anda masih punya "tabungan" trafik yang masih bisa diambil.

Semoga Bermanfaat.

3 Tindakan Darurat Ketika Ranking Blog Anda Turun di Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar