Tiket pesawat Surabaya - Bandung Rp. 600 ribu, Kalo Surabaya-Jakarta Cuma Rp. 160 ribu... apa engga bingung tuch... matematika siapa yang salah...?" Sebenarnya tidak ada yang salah dengan harga-harga tiket tersebut. Walaupun secara matematika saya tidak tahu pasti karena terus terang saya jeblok di mata pelajaran ini, tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa pertimbangan yang diambil oleh airline operator dalam menentukan 'airfare' yang berlaku, misalnya :
KONDISI GEOGRAFIS.
Sesuai data yang ada, Bandara Juanda (WRSJ-SUB) terletak pada elevasi/ketinggian 3 meter diatas permukaan laut (MSL), Bandara Soekarno-Hatta (WIII-CKG) di ketinggian 10 meter, sedangkan Lanud Husein Sastranegara terletak di ketinggian 740m. Jadi jelas bahwa jalur dari Surabaya ke Bandung itu lebih 'nanjak dan tentu saja membutuhkan lebih banyak bahan bakar dibandingkan jalur Surabaya - Jakarta yang relatif datar sehingga lebih 'ngirit' bahan bakar.
JARAK.
Tarif pesawat dihitung dari besaran 'average fare per mile' yang berbanding lurus terhadap jarak; semakin jauh semakin mahal. Maka tarif tiket Surabaya-Jakarta tentu jauh lebih murah karena jaraknya yang saling berdekatan dengan pantai dibandingkan Bandung yang jaraknya relatif jauh dari pantai.
PROFIL PENUMPANG.
Berdasarkan survey terhadap penumpang pesawat dari Surabaya, mereka yang berangkat dengan tujuan ke Jakarta adalah dalam rangka 'Bisnis' (baca:cari duit), sedangkan mereka yang berangkat ke Bandung sebagian besar dalam rangka 'Shopping' (baca:buang duit) seiring makin menjamurnya Factory Outlet di kota kembang tersebut. Maka diadakanlah program tarif bersubsidi silang untuk meringankan ongkos penumpang yang sedang kesusahan cari duit.
OPERATIONAL COST.
Biaya pelayanan penumpang tujuan Bandung biasanya lebih mahal, karena mereka menuntut nasi timbel panas, sayur lalaban segar, gurame goreng, pete bakar, sambal cobek terasi dan es kelapa muda lengkap dengan batoknya. Hal ini tentu menimbulkan biaya tambahan karena mempersiapkan dan memasak hidangan ini di pesawat tentu lebih sulit dibandingkan katering siap-saji biasa yang cukup dihangatkan dalam microwave.
LOAD FACTOR.
Kapasitas angkut penumpang terpaksa dikurangi hingga 30-40% agar dapat memuat set cobek sambal, kelapa dewegan, panggangan ikan, kobokan tangan dll tanpa melebihi batas Maximum Take-Off Weight. Passanger seat pun terpaksa dicabut karena penumpang lebih memilih duduk lesehan di tikar, "Ameh sarasa di saung" kata mereka.
NAVIGASI.
Dibandingkan Jakarta, papan penunjuk arah jalan di kota Bandung sering tidak jelas dan membingungkan. Sering terjadi pilot salah belok dan kemudian terjebak jalan satu arah yang ternyata dipadati oleh angkot.
Apalagi kemacetan yang terjadi setiap akhir pekan, menuntut pilot bekerja extra untuk menahan pedal kopling lebih lama. Oleh karena itu jangan heran bila banyak pilot yang tidak mau menggunakan argometer dan lebih memilih sistem borongan.
SUKU CADANG.
Faktor ketersediaan suku cadang turut berpengaruh terhadap besaran tarif. Bila pesawat mengalami kerusakan di Jakarta, terdapat alternatif pasar suku cadang dengan harga miring di Asem Reges, sebaliknya di Bandung besar kemungkinan justru suku cadang dan komponen pesawat itu yang dipreteli untuk mengisi stok onderdil di pasar Sumur Bandung. Jadi mungkin saja pesawat B737 yang terbang ke Bandung pulangnya berubah wujud menjadi Gantole.
FLIGHT CREW.
Prosedur standar penerbangan di Indonesia biasanya menerapkan 2-man cockpit crew. Tapi untuk penerbangan ke Bandung diperlukan crew tambahan selain Captain dan First Officer, yaitu Translator. Hal ini diperlukan untuk mengatasi kendala bahasa yang mungkin terjadi ...
PILOT: "Bandung Tower, selamat siang ... Japati 601 with Bravo, inbound for landing"
TOWER: "Japati 601 ... rek naon maneh ka dieu?"
PILOT: "Bandung Tower, Japati 601 request permission to land ..."
TOWER: "Gelo ... Teu bisa! Ayeuna Persib keur tanding euy ...."
TRANSLATOR : "Sok siah ... lamun teu di bere lending, urang baledog ti luhur ..."
TOWER: "Anjrit ...nya sok atuh lah ... klir to len, mangga Japati601 ......"
PILOT: "Affirmative ... Japati 601 cleared to land, Roger ..."
TOWER: "Rojer nu mana deui ..ngaran aing mah Asep ..Asep Surasep ti Babakan tea ..."
(Ga' usah serius ah, bisnis di rumah mah santai sajah....hehe..)
KONDISI GEOGRAFIS.
Sesuai data yang ada, Bandara Juanda (WRSJ-SUB) terletak pada elevasi/ketinggian 3 meter diatas permukaan laut (MSL), Bandara Soekarno-Hatta (WIII-CKG) di ketinggian 10 meter, sedangkan Lanud Husein Sastranegara terletak di ketinggian 740m. Jadi jelas bahwa jalur dari Surabaya ke Bandung itu lebih 'nanjak dan tentu saja membutuhkan lebih banyak bahan bakar dibandingkan jalur Surabaya - Jakarta yang relatif datar sehingga lebih 'ngirit' bahan bakar.
JARAK.
Tarif pesawat dihitung dari besaran 'average fare per mile' yang berbanding lurus terhadap jarak; semakin jauh semakin mahal. Maka tarif tiket Surabaya-Jakarta tentu jauh lebih murah karena jaraknya yang saling berdekatan dengan pantai dibandingkan Bandung yang jaraknya relatif jauh dari pantai.
PROFIL PENUMPANG.
Berdasarkan survey terhadap penumpang pesawat dari Surabaya, mereka yang berangkat dengan tujuan ke Jakarta adalah dalam rangka 'Bisnis' (baca:cari duit), sedangkan mereka yang berangkat ke Bandung sebagian besar dalam rangka 'Shopping' (baca:buang duit) seiring makin menjamurnya Factory Outlet di kota kembang tersebut. Maka diadakanlah program tarif bersubsidi silang untuk meringankan ongkos penumpang yang sedang kesusahan cari duit.
OPERATIONAL COST.
Biaya pelayanan penumpang tujuan Bandung biasanya lebih mahal, karena mereka menuntut nasi timbel panas, sayur lalaban segar, gurame goreng, pete bakar, sambal cobek terasi dan es kelapa muda lengkap dengan batoknya. Hal ini tentu menimbulkan biaya tambahan karena mempersiapkan dan memasak hidangan ini di pesawat tentu lebih sulit dibandingkan katering siap-saji biasa yang cukup dihangatkan dalam microwave.
LOAD FACTOR.
Kapasitas angkut penumpang terpaksa dikurangi hingga 30-40% agar dapat memuat set cobek sambal, kelapa dewegan, panggangan ikan, kobokan tangan dll tanpa melebihi batas Maximum Take-Off Weight. Passanger seat pun terpaksa dicabut karena penumpang lebih memilih duduk lesehan di tikar, "Ameh sarasa di saung" kata mereka.
NAVIGASI.
Dibandingkan Jakarta, papan penunjuk arah jalan di kota Bandung sering tidak jelas dan membingungkan. Sering terjadi pilot salah belok dan kemudian terjebak jalan satu arah yang ternyata dipadati oleh angkot.
Apalagi kemacetan yang terjadi setiap akhir pekan, menuntut pilot bekerja extra untuk menahan pedal kopling lebih lama. Oleh karena itu jangan heran bila banyak pilot yang tidak mau menggunakan argometer dan lebih memilih sistem borongan.
SUKU CADANG.
Faktor ketersediaan suku cadang turut berpengaruh terhadap besaran tarif. Bila pesawat mengalami kerusakan di Jakarta, terdapat alternatif pasar suku cadang dengan harga miring di Asem Reges, sebaliknya di Bandung besar kemungkinan justru suku cadang dan komponen pesawat itu yang dipreteli untuk mengisi stok onderdil di pasar Sumur Bandung. Jadi mungkin saja pesawat B737 yang terbang ke Bandung pulangnya berubah wujud menjadi Gantole.
FLIGHT CREW.
Prosedur standar penerbangan di Indonesia biasanya menerapkan 2-man cockpit crew. Tapi untuk penerbangan ke Bandung diperlukan crew tambahan selain Captain dan First Officer, yaitu Translator. Hal ini diperlukan untuk mengatasi kendala bahasa yang mungkin terjadi ...
PILOT: "Bandung Tower, selamat siang ... Japati 601 with Bravo, inbound for landing"
TOWER: "Japati 601 ... rek naon maneh ka dieu?"
PILOT: "Bandung Tower, Japati 601 request permission to land ..."
TOWER: "Gelo ... Teu bisa! Ayeuna Persib keur tanding euy ...."
TRANSLATOR : "Sok siah ... lamun teu di bere lending, urang baledog ti luhur ..."
TOWER: "Anjrit ...nya sok atuh lah ... klir to len, mangga Japati601 ......"
PILOT: "Affirmative ... Japati 601 cleared to land, Roger ..."
TOWER: "Rojer nu mana deui ..ngaran aing mah Asep ..Asep Surasep ti Babakan tea ..."
(Ga' usah serius ah, bisnis di rumah mah santai sajah....hehe..)