Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

2 Komponen Penting Membuat Situs Keanggotaan (Membership Site) Untuk Menjaring Calon Prospek di Bisnis Online [Part-2]

bisnis onlinePada artikel sebelumnya, untuk menjaring calon prospek di bisnis online terdapat 2 komponen penting. Yang pertama adalah sales page dengan opt-in nya dan kedua adalah mesin autoresponder. Keduanya saling berhubungan erat dalam membangun sebuah membership site (situs keanggotaan) kita agar bisa menjaring list / daftar konsumen sebanyak-banyaknya. Di artikel kelanjutan ini saya akan menjabarkan tentang bagaimana membuat sales page anda ramai dikunjungi (tentunya akan berkaitan dengan teknik SEO yang anda miliki).

Sebelum kita lanjut ke pembahasan berikutnya, saya akan menekankan tentang paradigma yang SALAH bagi para internet marketing. Ada yang mengatakan biasanya list yang banyak akan menguntungkan, belum tentu. Anda jangan memandang dari kuantitas / jumlah calon prospek yang terjaring dalam list anda. Saya berani mengatakan lebih baik mendapat 5 calon prospek yang bermutu dari pada 1000 nama yang hanya "numpang lewat", iya khan?... Dari 5 calon bermutu tersebut saya akan mendapatkan penjualan yang berkelanjutan.

Bagi pemula, memakai autoresponder untuk menjaring list menjadi momok yang menakutkan, seperti bagaimana memasang script autoresponder pada situs sales page. Saya akan katakan "Anda pasti bisa..!!". Anda bisa tempelkan script autoresponder pada website atau blog anda dengan cara pop-up (blog saya belum nih, menyusul...pasti..!). Sebenarnya juga tidak perlu memakai cara pop-up, namun teknik ini terbilang brilian untuk mendapatkan nama dan email dan cara bagus untuk memaksimalkan traffik sales page anda.

Dengan menambahkan opt-in form di blog / situs anda, anda akan mem-follow-up mereka dan menambahkan kemungkinan mereka akan membeli sesuatu dari anda secara drastis nantinya, walaupun terkadang mereka tidak mau beli atau ingin yang gratisan (freebie).

Kadang anda tidak usah repot-repot untuk memasang script autoresponder, beberapa hosting menyediakan langganan untuk memasangkan pada blog / website anda.

Kunci utama anda mem-follow-up mereka adalah dengan memberikan informasi gratis seputar topik situs keanggotaan anda ketika mereka mendaftarkan nama dan email. Selanjutnya jelaskan mengapa mereka bergabung menjadi list anda. Sampai akhirnya calon prospek anda memahaminya dan bersedia menerima informasi dari anda selanjutnya.

Untuk mendapatkan traffik ke situs / sales page anda :

1. Menulis Artikel Marketing

Cara ini terbilang mudah tapi butuh kerja keras. Dibutuhkan keyword-keyword yang memusingkan kepala, tapi jangan takut tetaplah menulis seputar topik situs anda. Tulis sekitar 350 kata semampunya dan jangan berhenti hanya 5-10 artikel saja, semakin anda banyak menulis semakin anda mahir membuat artikel marketing kepada list anda.

2. PPC (Pay Per Click)

Iklan-kan situs anda lewat PPC, karena cara ini terbilang yang paling mudah, hanya saja anda butuh beberapa keyword yang sesuai dengan topik situs sales page anda. Lakukan beberapa riset seputar keyword anda, cari keyword baru yang lebih menguntungkan dari sudut pandang yang lain. Sudah banyak tools / software gratis pencari keyword, kalau perlu beli software pencari keyword yang bagus.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Untuk mendapat traffik ke sales page / landing page anda, anda butuh yang namanya "pre-sale" page (yang berisikan opt-in tadi). Sedikit tips mungkin untuk menyegarkan ingatan kita tentang Teknik SEO anda :

- Tuliskan keyword pada judul halaman.
- Pastikan keyword anda ada pada 50 kata di paragraf pertama.
- Atur density keyword sekitar 1.5%-2% dari artikel.
- Pakai teknik internal link dengan keyword yang sama sebagai anchor text.
- Berkomentar di situs/blog milik orang, untuk mendapatkan backlink.
- Segera buat situs sekarang, karena semakin cepat dibuat, semakin cepat di index.
- Tulis konten baru secara periodik.

Untuk tambahan silahkan membaca-baca artikel saya seputar SEO di blog ini.

Semoga bermanfaat.

2 Komponen Penting Membuat Situs Keanggotaan (Membership Site) Untuk Menjaring Calon Prospek di Bisnis Online [Part-2] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar