Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Antara Facebooking dan Blogwalking, sama-sama Untung...

Sudah punya Facebook?, (hare gene geto)...ya iya lah semua orang pasti punya Facebook, terus yang sudah Facebook-an sudah punya blog?..hehe..belum tentu. Menjelajah di Facebook sangat menyenangkan, walau sempat dulu ada pernyataan Facebook haram, namun buktinya sekarang pengguna Facebook malah bertambah banyak. Untuk para blogger, ada keuntungan bisnis / nilai tambah yang bisa didapatkan dari Facebook, yaitu bisa men-tautkan link ke blog yang kita miliki lewat fasilitas link di Facebook. Apa fungsi dari link tadi dengan Teknik SEO kacangan yang akan saya jabarkan, dan apa keuntungan dari Facebooking dengan bisnis online kita?, terus simak tulisan ini.

Sebenarnya ada relevansi yang kuat antara Facebooking dengan blogwalking yang biasa blogger lakukan untuk meningkatkan traffik ke blog-nya. Ketika kita Facebooking, kita selalu memberikan komentar tentang apa yang teman-teman kita tulis pada status mereka. Memang komentar yang kita berikan di status teman kita berbeda dengan komentar yang kita tulis pada blog. namun saya menyimpulkan dengan rajin-rajin memberikan komentar pada status teman kita dengan baik dan sopan (terutama teman yang tidak begitu kita kenal), akan memberikan traffik pada halaman profil Facebook kita, dengan demikian teman kita tersebut akan menjelajahi profil kita , mulai dari melihat wall, notes, photo, blog, dan lain-lain.

Bagi para blogger yang sudah bisa men-tautkan link feed blog-nya ke Facebook, link ini sangat berguna sekali, sebab setiap kita selesai mem-publish artikel, otomatis akan muncul pada status Facebook kita, dan ini sangat berpotensi sekali kepada teman-teman kita untuk melihat apa sebenarnya yang kita tulis pada blog kita, alias mendatangkan traffik ke Blog kita.

Atau ada cara lain untuk menampilkan link blog kita di Facebook, yaitu dengan menambahkan url pada tab Information di sebelah kiri dibawah photo setelah "write something about yourself". Kita bisa menuliskan lebih dari satu alamat url blog kita, bahkan alamat url affiliasi kita juga ditambahkan disana.

Setelah anda memberikan komentar pada status teman, anda juga harus menyiapkan status anda, entah itu alamat artikel yang ingin anda sampaikan kepada pengunjung halaman profil Facebook anda, atau menawarkan alamat bisnis affiliasi dengan dibumbui sedikit komentar / pendapat anda, tentunya dengan sedikit bahasa gaul dan tidak perlu terlalu resmi, saya berikan contoh : "Guys.., gw punya bisnis yang lumayan neh buat sampingan elo-elo pade, silahkan kalau mo liat-liat disini , misalnya.

Jadi dengan menggunakan "social media" seperti Facebook , anda-pun bisa mendapatkan 3 keuntungan sekaligus :
  1. Menambah teman, karena memberikan komentar / Facebooking tidak hanya kita menaruh simpati, tetapi juga mempererat hubungan kita dengan teman-teman online, yang bukan kebetulan jika mereka menjadi calon prospek kita.
  2. Mendapatkan traffik tambahan untuk blog dari Facebook. Karena link blog yang kita pasang di profil Facebook menjadi daya tarik teman-teman untuk mengunjungi blog kita.
  3. Memperluas jaring bisnis anda, dalam Facebook banyak sekali fitur-fitur yang digunakan untuk menjaring uang, salah satunya postingan saya disini tentang Twitter yang bisa menghasilkan uang ketika di konek ke Facebook lewat Revtwt.com. Kemudian Facebook juga bisa dipakai sebagai alat promosi/iklan produk affiliasi kita, dan masih banyak lagi kemungkinan cara menghasilkan uang dari Facebook.

Semoga bermanfaat.

Antara Facebooking dan Blogwalking, sama-sama Untung... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar