Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Memanfaatkan Facebook Sebagai Promosi Toko Online Anda

Siapa yang ga kenal Facebook. Facebook adalah sebuah website penyedia social network yang terkenal. Banyak yang menggunakan website ini sebagai ajang untuk pertemanan. Sebagai pebisnis online, kita tentunya tidak mau melewatkan kesempatan ini untuk mempromosikan toko online milik kita. Lalu bagaimana strategi memanfaatkan Facebook sebagai promosi toko online Anda?

Tersedia pula fitur-fitur untuk memperkenalkan toko online kita, seperti create link dan create fanpage. Untuk create link, kita bisa men-link alamat url toko online kita, sehingga teman-teman kita bisa membaca di "wall" kita. Untuk fitur yang terakhir ini, create fanpage bisa kita pergunakan untuk membentuk discussion board antara pemilik toko online dengan para "jempolers" alias teman yang "like" dengan toko online kita.

Dengan create fanpage ini, orang bisa bergabung dengan kita, atau disebut juga "komunitas". Nah dari komunitas inilah , kita bisa menjaring calon konsumen loyal kita, tentunya dengan memberikan informasi yang benar dan efektif kepada mereka tentang apa saja yang kita jual di toko online kita.

Banyak pebisnis online lokal dan mancanegara yang tidak sedikit menggunakan Facebook untuk promosi (bisnis) toko online mereka. Jadi awalnya pertemanan bisa menjadikan mereka konsumen loyal anda. Setidaknya walaupun mereka tidak tertarik dengan bisnis anda, namun jalinan pertemanan tetap berjalan disana.

Ada banyak cara untuk membuat toko online anda menjadi ramai, diantaranya adalah bergabung dengan komunitas group di facebook dan berpromosi untuk mendapatkan jempol atau like dari teman-teman komunitas kita tadi, sehingga dengan demikian sistem viral dari like ini akan berjalan secara otomatis. Semakin banyak like toko online anda, diduga bisa mendapatkan rangking bagus dari search engine (ini katanya lho..hehe).

Atau jika anda ingin mendapatkan like secara berbayar bisa googling dengan mengetikkan facebook like atau mencari di website freelance seperti fiverr.com dan forum-forum bisnis online yang ada di internet.

Setelah fanpage terbentuk di Facebook dan anda sudah banyak memiliki follower, akan sangat mudah untuk menerapkan strategi berpromosi di Facebook dengan menggunakan iklan Facebook/facebook ads (semacam google adwords-nya Facebook). Dengan menyediakan budget untuk biaya per-cliknya, serta targetkan pasar bagi produk anda, kini anda siap menjaring para calon konsumen yang membaca iklan anda (lihat contoh iklan facebook dibawah ini).


Sudah banyak kini orang melirik facebook ads sebagai strategi memanfaatkan Facebook sebagai promosi toko online Anda, namun yang perlu diperhatikan adalah anda harus memiliki website toko online yang sudah berjalan dengan platform blogging yang anda pilih, apakah itu toko online dengan wordpress, atau toko online dengan script CMS atau toko online dengan script buatan anda sendiri.

Kemudian pertanyaannya bagaimana cara membuat toko online?, pastikan anda sudah mahir bagaimana cara menginstall wordpress di sebuah hosting. Karena kebanyakan script toko online yang dipakai adalah dengan toko online wordpress, selain mudah installasi juga gampang untuk mengubah-ubah theme/tampilan dari toko online anda.

Siap untuk membuat toko online anda?

Memanfaatkan Facebook Sebagai Promosi Toko Online Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar