Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Teknik Promosi Blog Dengan Memberikan Hadiah

promosi blogKita semua setuju jika memberikan hadiah kepada pengunjung blog adalah cara yang paling mujarab untuk mempromosikan blog. Jadi jika anda telah memutuskan untuk memberikan hadiah, tapi tidak satupun pengunjung yang datang, apa yang harus anda lakukan?. jika tujuan anda adalah mendatangkan pengunjung baru, anda harus segera mempromosikan blog dengan memberikan hadiah kepada mereka, khususnya jika anda belum memiliki pembaca tetap. Berikut ada 6 tips berpromosi blog dengan memberikan hadiah dalam blog anda kepada pembaca baru.
  1. Berikan sesuatu yang bernilai (rupiah)

    Kedengarannya seperti diskon, tapi ada banyak sekali manfaat dari pemberian yang bersifat ada nilai-nya, yang kita berikan kepada pembaca baru blog kita. Artinya dengan memberikan diskon terbukti bisa menarik kembali pengunjung yang datang dan menjadi pembaca tetap blog kita.
  2. Buat se-simpel mungkin

    pastikan anda memberikan bonus dengan teknik yang simpel, cepat dan mudah, misalnya dengan teknik memberikan bonus kepada komentator terbanyak di blog anda, saya perhatikan ada 6 tahapan dalam memberikan komentar, jadi tidak akan banyak step-step bagi pembaca baru untuk mendapatkan bonus mereka, atau juga misalnya dengan memberikan bonus kepada mereka yang mem-follow anda di twitter.com, juga bisa kepada pembaca baru yang berlangganan feed anda dan masih banyak lagi cara-cara untuk anda praktekkan selama anda berniat untuk kebaikan pembaca anda, saya yakin anda akan kebanjiran pengunjung. Menurut penelitian seorang blogger internasional (Darren Rawse), 20% dari pengunjung anda yang memilih opsi bonus ini dan menjadi pembaca setia blog anda, lumayan khan?
  3. Buat dalam jangka sependek mungkin

    Artinya dalam memberikan bonus atau hadiah, anda harus memberikan jangka waktu yang tidak terlalu lama agar pembaca anda tidak kelamaan menunggu hadiah/bonus yang telah anda janjikan kepada mereka, tapi jangan pula terlalu cepat, karena anda tidak akan mendapatkan pembaca setia sebanyak traffik yang datang ke blog anda.
  4. Perluas kedalam jaringan anda

    Mempromosikan blog di dalam jaringan anda sangat penting dan sangat dianjurkan (lewat Facebook, twitter , blogcatalog,dll.). Namun ada hal yang anda taati dalam berromosi di jaringan, yaitu jangan berpromosi terlalu sering, karena anda bisa dianggap melakukan spamming. Contoh kalimat yang bisa mendatangkan traffik dari teman atau kenalan anda lewat situs jejaring social, misalnya "Hello guys, besok ada bonus bagus di blog saya lho, jangan lupa mampir yah!, thanks".
  5. Promosikan bonus anda ke blog teman

    Cara yang paling efektif dalam promosi blog adalah memberitahukan kepada pembaca di blog milik teman. Inilah fungsi vital dari blogwalking dan memberikan komentar yang efektif di blog orang lain. Selain untuk mendatangkan traffik dari blog teman, anda juga mempromosikan blog anda dengan menuliskan di komentar atau di shoutmix. Ide lainnya yaitu mencari blog yang se-topik dengan blog anda yang sedang melakukan promosi blog juga. Anda bisa berkolaborasi dan melakukan swap-link dengan blog tersebut. jadi dengan bekerjasama dengan blogger yang memiliki "niche market"-nya sama dengan blog anda, akan lebih banyak menguntungkan.
  6. Buatlah format bonus yang tahan lama

    ketika anda memberikan bonus/hadiah kepada pembaca anda, anda sedang mengharapkan traffik dan pembaca baru di blog anda, bukan?, lalu bagaimana ketika bonus anda sudah banyak yang mengambilnya dan lama kelamaan mulai banyak yang meninggalkan blog anda ketika bonus anda telah habis. Disinilah teknik pemberian bonus yang bisa membuat pembaca anda bertahan dan terus mengikuti perkembangan blog anda dengan setia.
Jika saat ini anda sedang merencanakan bonus untuk pembaca baru dan pembaca loyal anda, pikirkan bagaimana memberikan bonus/hadiah dengan cara yang semurah se-efektif mungkin. Jika anda pernah mendapatkan hadiah dari blog/situs yang sedang mengadakan kontes SEO, tidak ada salahnya kalau hadiah tersebut anda hadiahkan kembali kepada pembaca anda, adil khan?

Teknik Promosi Blog Dengan Memberikan Hadiah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar