Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Kenali blog anda : Tips merawat kolom komentar

Hosting Unlimited Indonesia

Blog merupakan tempat kita dalam menuangkan aspirasi maupun ide kreatif. Dalam setiap tulisan yang kita buat pasti selalu ada yang ingin mengomentarinya. Dalam memberikan komentar sering kali pembaca tidak mau ambil pusing untuk beberapa tahapan-tahapan yang disediakan oleh sebuah blog. Oleh karenanya sudah sepatutnya kita jaga dan rawat kolom komentar blog kita agar tidak rusak atau tidak bisa dipakai oleh pembaca.

Setiap komentar yang datang ke blog kita merupakan asset yang berarti untuk perkembangan blog kita, jangan pernah untuk men-sepelekan arti sebuah komentar (kecuali komentar spamming).

Ada banyak cara untuk mengelola komentar-komentar yang datang di blog kita. Salah satunya dengan memberikan kolom komentar yang bisa diakses oleh setiap pengunjung.
Kolom komentar yang ber-masalah bisa menjadi fatal akibatnya bagi perkembangan blog kita. Pernah saya blogwalking ke sebuah blog yang mempunyai artikel yang sangat menarik menurut ukuran saya, namun ketika saya ingin memberikan komentar tentang artikel-nya, saya menemukan kolom komentar yang "rusak". Kenapa saya katakan rusak, karena ketika saya akan "publish" komentar tersebut, tabel verifikasi-nya tidak kelihatan, alias tidak bisa di geser kebawah, wah...sayang sekali..kemudian saya urungkan untuk memberikan komentar di blog tersebut.

Saya tidak akan menyebutkan nama blog tersebut, namun ini akan menjadi pelajaran buat kita untuk selalu merawat keutuhan blog kita, dari segi artikel maupun komponen-komponen yang membangun utuh sebuah blog.

Sayang sekali ketika banyak pengunjung yang datang ke blog kita, lalu mereka ingin sekali memberikan komentarnya tapi tidak bisa lantaran kolom komentar yang kita berikan mengalami kerusakan alias "broken commenting column", seperti gambar dibawah ini

Banyak sekali blog-blog yang menyediakan tutorial bagaimana membuat kolom komentar di bawah artikel seperti blog kang Rohman, sayangnya saya tidak berkompeten untuk memberikan tutorialnya disini, walau saya punya namun untuk menjaga privasi konten, ada baiknya anda langsung ke TKP-nya.

Kenali blog anda : Tips merawat kolom komentar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown