Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Tips Singkat Model Bisnis PPC Google Adsense

Google Adsense masih menjadi idola bagi para pencari dollar di internet. Mengapa tidak, sebab dari beberapa tahun terakhir perkembangan bisnis internet semakin marak dan banyak sekali peminatnya. Ada yang bermain di toko online, jualan mainan anak, busana muslim, amazon minisite, niche site dan masih banyak model lainnya. Google adsense salah satu model bisnis internet yang masih banyak yang belum faham bagaimana cara mengelola dan menjalankannya.

Jika anda memiliki modal besar, saya sarankan anda memilih model bisnis amazon yang syarat dengan modal besar. Kenapa saya katakan besar, sebab pengalaman saya bisnis google adsense tidak terlalu memerlukan modal yang terlalu besar. Lho kok bisa?, yup bisa sekali.

Kenapa saya katakan bisa, sebab Google adsense bisa kita buat dengan modal hosting milik google sendiri yaitu blogspot. Dengan modal blogspot yang notabene adalah blog milik google, maka kita bisa membuat puluhan bahkan ratusan blogspot untuk menghasilkan jutaan rupiah dari google adsense.

Prinsip dasar dalam berbisnis google adsense adalah konten. Percuma ada memiliki puluhan blog tapi konten blog anda ecek-ecek alias tidak bisa dibaca (istilah kata "unreadable") oleh pengunjung. Caranya?, gampang. Sekali lagi anda harus punya bakat blogging alias sering-seringlah buat konten sendiri, entah itu tentang hobi, pekerjaan, masalah rumah tangga atau apa saja yang bisa anda ungkapkan di blog adsense anda.

Lalu trafiknya dari mana?, nah ini kuncinya, perbanyak akun social media seperti twitter, facebook, linkedin, dan sebagainya (teknik SEO offpage). Dengan demikian setiap anda curhat di blog anda, otomatis pengunjung datang dari web sosial media tersebut. Pasti deh. yakin aja.

Jika mau pengunjung tertarget, ini butuh waktu dan skill tertentu alias teknik SEO (Search Engine Optimization) alias meng-optimasikan mesin pencari terhadap kata kunci yang kita bidik. Dengan demikian setiap pencari sebuah kata kunci, maka blog kita akan muncul di halaman pertama mesin pencari. Caranya..?

Oke, sekarang jika anda sudah faham mendatangkan pengunjung dari sosial media, sekarang kita akan fokus mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (katakan saja si Google). Sebelumnya anda perlu riset kata kunci yang sering dicari orang (misal: beli rumah, beli motor, mobil seken, dsb).

Nah dari kata kunci tadi, bisa anda lihat grafik pencarian, saingan blog di internet yang ada dan berapa besar peluang anda muncul di halaman pertama. Kemudia baru anda hajar (target) kata kunci anda menyebar di seluruh blog anda, mulai dari title, H1, H2, paragraf pertama, kalimat pertama dan terakhir dan plugin-plugin (jika pakai WP) yang mendukung SEO on-page anda.

Jika anda pemakai blogspot, sepengalaman saya anda tidak perlu plugin, cukup bookmark dan submit di sosial media saja, dan yang terpenting adalah konten, sekali lagi konten. Jika anda sering posting konten yang fresh setiap hari (kalau bisa) maka saya yakin , dengan kata kunci yang anda targetkan pasti muncul di halaman pertama (dengan persaingain yang menurut anda yakin bisa dikalahkan).

Dan yang paling penting juga adalah jangan menggunakan fasilitas robot, karena Google tidak suka konten yang ber-bau robot. Boleh anda gunakan robot untuk mengisi konten anda, tapi luangkan waktu anda sesekali untuk posting konten yang unik dan fresh pada blog robot anda. Sehingga tidak terlalu dikenal sebagai blog spammin.

Saran saya bagi anda yang ingin memiliki penghasilan di internet lewat bisnis adsense ini adalah terus dan terus posting yang unik dan mudah dibaca sehigga pengunjung akan betah berlama-lama di blog anda. Jika satu blog sudah menghasilkan segera buat blog baru dan optimasi semaksimal mungkin agar cepat menghasilkan dan begitu seterusnya.

Semoga bermanfaat.


Tips Singkat Model Bisnis PPC Google Adsense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar