Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Yuk Kita Belajar Wordpress (Seri Belajar Wordpress Part-1)

Hosting Unlimited Indonesia

belajar wordpressOke, sobat dan rekan-rekan blogger yang saya hormati, akhirnya tercapai sudah pengharapan saya untuk bisa memiliki server hosting sendiri dan memulai untuk memiliki domain sendiri untuk bisa belajar Wordpress secara mandiri baik dan benar. Tinggal sekarang saya mulai untuk meng-explore serta mulai untuk belajar wordpress itu sendiri di domain pribadi saya. Sebelumnya sudah pernah sih membuat akun gratisan di Wordpress untuk topik blogging yang sama, namun ternyata banyak sekali kelemahan yang kita dapat dari sana..

Setelah saya pelajari lanjut, memang plaform blogging dengan wordpress di hosting sendiri memliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan blogger (maaf yah, ga ada maksud..^_^), karena memang wordpress ter-bantukan oleh beberapa plugin yang men-support tampilan platform wordpress dan kinerja yang dihasilkannya.

Sebut saja plugin All in one SEO pack, saya sangat menyenangi pugin yang satu ini, karena memang hasilnya sangat memuaskan pada hasil di search engine, namun tergantung juga dari bagaimana kita memberikan data/informasi yang kita cantumkan di plugin ini, misalnya title yang tepat, tag yang berhubungan dengan posting, kemudian description yang masuk akal dan tidak mengada serta informatif bagi pembaca dan yang paling penting lagi "keyword" yang kita tembak dalam artikel kita.

Memang tidak pantas saya membanding-bandingkan antara blogging dengan platform Blogger dan Wordpress, karena kedua-keduanya memilki kelebihan/keunikan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang jelas saya menemukan keasyikan tersendiri blogging dengan wordpress pada server sendiri, kita bebas menentukan theme sendiri tanpa harus kehilangan theme yang kita upload sebelumnya, dan bebas memilih plugin-plugin yang menunjang blog kita.

Jadi tidak ada salahnya jika rekan-rekan yang saat ini sedang ngeblog dengan platform blogger untuk belajar wordpress sebagai referensi untuk memiliki domain dan hosting sendiri kelak.

Memiliki akun di wordpres.com juga terbilang penting, kenapa saya katakan penting, sebab pada saat kita mempunyai akun di wordpress.com, secara otomatis kita akan diberikan berupa kode API, nah.. kode API inilah yang nantinya jika kita punya hosting sendiri dan meng-install Wordpress akan diminta. Jadi sebenarnya ga ada salahnya kalau kita punya akun di Wordpress dari sekarang dan sedikit banyak akan tahu tentang aplikasi wordpress itu sendiri.

Pengalaman saya belajar wordpress sangat menyenangkan, karena kita belajar bagaimana mengatur posisi widget dan tampilan blog wordpress kita, dan kita juga bisa mengatur jadwal artikel yang ingin kita publish.

Oh ya lebih baik lagi jika kita ingin belajar wordpress lebih dalam lagi, kita bisa mendaftar menjad guest blogger di blog milik blogger lain yang memiliki platform blogging wordpress. Saya sudah pernah mencoba ketika rekan Abi Bakar mengundang saya untuk menjadi guest blogger pada blogger Jakarta, padahal saat itu saya belum memiliki hosting sendiri.

Nah kalau rekan-rekan ingin melihat hasil saya belajar wordpress, silahkan kalau mau melihat blog saya di wordpress.com klik yang INI dan yang INI.

Semoga bermanfaat.

Yuk Kita Belajar Wordpress (Seri Belajar Wordpress Part-1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown