Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Identifikasi Niche Market Anda Di Bisnis Internet

Sebelum anda menentukan ide topik apa saja yang bakal menjadi target pangsa pasar anda di bisnis internet lewat jasa affiliate marketing, ada baiknya jika anda meng-identifikasikan segala sesuatunya untuk memulai memasarkan sebuah produk yang akan anda jual kelak. Dimulai dengan mentargetkan sebuah topik apa yang anda sukai atau yang anda ingin jual, kemudian dari topik tersebut anda telusuri lagi dengan cara melakukan riset yang nantinya anda akan mendapatkan sub-topik (niche market) apa yang pas buat anda untuk anda promosikan lewat internet.

Mengetahui sebelumnya atau dengan meng-identifikasikan niche market anda sebelum riset sebuah produk dan membeli domain sangat penting sekali dilakukan, anda perlu mengumpulkan beberapa data yang bisa anda peroleh dengan mengetikkan kata kunci yang anda targetkan, kemudian setelah data-data tersebut terkumpul, anda bisa membuat sebuah rangkuman (summary) untuk beberapa artikel penunjangnya sebelum anda posting pada situs bisnis anda.

Saya beri contoh misalnya, anda mentargetkan sebuah bisnis tentang produk kesehatan. Sebelum anda membuat websitenya, pelajari terlebih dahulu apa itu kesehatan, apakah itu kesehatan pribadi, kesehatan masyarakat, pokoknya apa saja tentang kesehatan yang ada disekitar anda (lihat daftar kata kunci tentang kesehatan di blog ini).

Setelah mengumpulkan beberapa data/informasi seputar kesehatan, kemudian anda targetkan/fokuskan dari topik kesehatan tadi, misalnya saja anda cenderung lebih suka kepada kesehatan pribadi. Lalu anda lebih fokuskan lagi tentang kesehatan mata.

Nah dari sub topik ini (kesehatan mata) anda lebih konsentrasi lagi kepada artikel yang menjurus hanya kepada satu sub topik saja, sehingga keberadaan situs anda pada search engine lebih terarah dan mudah dikenali dengan kata kunci diatas.

Sekarang tinggal anda membuat artikel seputar kesehatan mata, misalnya saja buat posting tentang bagaimana melindungi mata dari penyakit mata, atau vitamin-vitamin apa saja yang perlu untuk kesehatan mata atau apa saja yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Jika anda sudah punya situs yang lebih tertarget tadi, kini anda sudah memiliki sebuah mesin pencari uang, terserah anda apakah ingin menjual produk sendiri, misalnya anda memiliki produk yang berkaitan dengan topik anda tadi atau produk orang lain (jasa affiliate) yang anda pasarkan lewat situs anda tadi.

Jangan lupa untuk terus meng-optimasi situs anda dengan kata-kunci yang anda bidik agar orang yang mencari lewat search engine bisa menemukan situs bisnis anda dan melakukan pembelian.

Semoga bermanfaat.

Identifikasi Niche Market Anda Di Bisnis Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar