Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

4 Tips Sederhana Bagaimana Mengembangkan Kualitas Blog

Tulisan ini saya dedikasikan untuk sahabat blogger baru saya yang juga rekan akrab,master IT, yang akhirnya tertarik untuk membuat blog seperti saya. Dia sering sekali menanyakan tips-tips bagaimana mengembangkan kualitas blog miliknya yang baru saja dibangun dengan platform blogspot. Sebenarnya banyak sekali untuk mengembangkan blog yang baru dibuat, oke untuk DJ-free, saya akan mencoba menerangkan 4 tips sederhana untuk mengembangkan kualitas blog yang baru saja anda buat, ini dia tipsnya.

1. Untuk bisa meningkatkan kualitas blog milik kita adalah pertama kita harus bisa menyediakan konten yang unik dan bermanfaat terlebih dahulu kepada pembaca yang datang. Pikirkan tema/topik blog kita terlebih dahulu, biasanya topik blog yang akan kita buat lebih bagus kalau itu mengenai hobi atau kegemaran kita, saya kasih contoh menulis, memasak, gadget, dll. Kalau toh memang blog kita bercerita tentang keseharian kita, sajikan dengan cara yang paling unik dan bisa membawa keasikan pengunjung untuk mau kembali dan membaca lagi.

2. Pakai design template yang tidak bikin "bete" pengunjung. Asli lho, kalau masalah template kita acuhkan bisa menjadi masalah terhadap pengunjung yang datang. Kebanyakan pengunjung yang datang pasti akan memperhatikan tampilan/layout blog kita terlebih dahulu, baru kemudian akan mencari dan mulai membaca artikel kita. Jadi pilihlah template yang menurut anda sesuai dengan "karakter" tulisan anda.

3. Segera submit blog anda ke search engine agar kelak tulisan-tulisan anda dapat ter-indeks oleh search engine dan mendapatkan kunjungan via search engine. Tindakan ini merupakan langkah awal agar blog anda bisa terindeks dan berpengaruh nantinya terhadap kualitas blog di mata search engine.

4. Terapkan SEO untuk meningkatkan Pagerank/Alexa. Nah kalau sudah ngomongin teknik SEO, biasanya bikin gerah bagi blogger pemula , soalnya paling males kalau sudah berkutat dengan dunia SEO, padahal sebenarnya SEO itu mudah lho.., contoh paling sederhana tentang teknik SEO adalah kita memberikan komentar di blog orang, itu kita sudah menerapkan outbond link / backlink yang merupakan teknik SEO paling dasar.

Oke bro, mungkin masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk dapat mengembangkan kualitas blog kita, saran saya sering-sering blogwalking ke blog orang lain untuk mendapatkan masukan/info seputar blog. Jika berminat bisa mengunjungi beberapa blog pilihan untuk pengembangan blog anda, misalnya dengan mengunjungi blog-blog berkualitas pilihan saya, antara lain :
- O-om (Agus Ramadhani)
- Kang Rohman

Semoga bermanfaat.

4 Tips Sederhana Bagaimana Mengembangkan Kualitas Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar