Belajar AutoCAD Untuk Disiplin Struktur Bangunan dan Sipil (Part-1)

Diposkan oleh blog buat bisnis | 00.26 Label:

Belajar AutoCADDi artikel kemarin anda sudah saya terangkan bahwa belajar AutoCAD tidak sulit dan anda juga bisa dengan versi lama. Sekarang saya akan menjelaskan belajar AutoCAD untuk disiplin struktur bangunan dan sipil. Sebenarnya untuk kedua disiplin ini tidak terlalu jauh berbeda, namun untuk sipil sepertinya cakupannya jauh lebih luas dibandingkan dengan struktur bangunan. Bagi anda yang ingin belajar AutoCAD khusus dibidang ini, nantinya anda bisa menggambar rumah idaman anda sendiri. Yuk kita mulai.

belajar AutoCADuntuk disiplin struktur bangunan anda akan lebih banyak menjumpai obyek-obyek seperi penulangan kolom dengan besi, penulangan balok, atap, dinding, kuda-kuda, rangka baja, pondasi gedung dan lain sebagainya, sedangkan untuk sipil anda akan lebih banyak bertemu dengan obyek jalan, jembatan, lansekap, drainase, dll.

Sekarang kita akan bahas mengenai struktur bangunan terlebih dahulu. Saya akan meminta anda disini untuk membayangkan sebuah gedung bertingkat yang tersusun dari beberapa lantai, nah lantai-lantai tersebut akan disanggah oleh beberapa kolom. Bagian paling bawah dari kolom tersebut kita namakan pondasi.

Disini anda akan belajar AutoCAD untuk menggambar pondasi sebuah gedung/rumah, yang perlu anda perhatikan adalah ada beberapa macam pondasi yang sering digunakan, misalnya pondasi batu kali, pondasi cakar ayam, tiang pancang dan bore pile. Untuk ukuran rumah kecil sampai sedang biasanya menggunakan pondasi batu kali atau pondasi cakar ayam, sedangkan untuk rumah/bangunan ukuran sedang sampai gedung bertingkat menggunakan pondasi tiang pancang / bore pile.

Untuk ukuran kolom dan penulangan besi-nya, seorang enjinir biasanya akan menghitung dengan menggunakan sebuah software seperti Etabs/SAP yang dipakai untuk menghitung gaya/momen akibat adanya beban yang disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kekuatan beton, faktor gempa, faktor tanah dan sebagainya. Dari software ini akan muncul data-data yang bisa dipakai, misalnya untuk menentukan besi diameter berapa dan berapa jumlah besi yang dipakai untuk penulangan kolom, balok serta lantai.

Bagi anda yang sedang belajar AutoCAD untuk gambar struktur bangunan, anda akan sering menggunakan obyek dari AutoCAD yang bernama "Donut", atau bisa juga dengan obyek "Circle" dengan memberikan "Solid" didalamnya. Kemudian untuk mode peng-editan anda akan sering menjalankan perintah "Array".

Semoga bermanfaat,

Subscribe
Bookmark and Share
Related Posts with Thumbnails