Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Peta Internet marketing

Hosting Unlimited Indonesia

Bila anda memiliki keinginan untuk belajar internet marketing secara gratis, anda cukup harus memiliki koneksi internet serta waktu yang memadai. Banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan dari internet. Bahkan mungkin anda akan kelebihan informasi mengenai internet marketing. Disini saya akan memberi anda "peta" tentang gambaran luas/ global tentang bagaimana seluk beluk internet marketing.

1. Trafik.
Untuk memperoleh trafik, anda bisa belajar mengenai:
- SEO
- PPC
- Artikel
- Social Networking

SEO merupakan teknik yang digunakan oleh para webmaster untuk meningkatkan ranking mereka pada hasil pencarian alami Google. Fokus utama dari SEO ini adalah Backlink. Yaitu Link yang menuju ke website anda. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai topik ini, anda bisa memasukkan kata kunci "SEO" pada mesin pencarian google. Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenainya.

PPC merupakan program periklanan berbayar. PPC atau Pay Per Click yang terutama digunakan adalah Google Adword dan Yahoo Search Marketing. Artikel ternyata juga bisa anda gunakan untuk mendapatkan trafik ke tempat website atau blog anda. Caranya yaitu dengan memasukkan artikel yang telah anda buat ke forum-forum, Mailing List maupun ke artikel direktori. Caranya yaitu dengan menyertakan link website anda di akhir artikel yang telah anda buat.

Social Networking seperti halnya Friendster, Multiply, Myspace dan juga Facebook bisa juga untuk mendapatkan trafik. Caranya yaitu dengan bersosialisasi dengan semakin banyak mungkin orang. Anda bisa mengundang orang-orang yang menurut anda menarik. Undanglah sebanyak mungkin teman, sehingga profil anda akan semakin dikunjungi banyak orang. Untuk mengarahkan trafik dari profil anda menuju website cukup dengan "sesuatu" yang menarik pengunjung anda untuk mengekliknya. Misal : "gambar porno"...:) ini adalah contoh yang jelek. Saya hanya ingin memperjelas saja. Anda juga bisa menuliskan pada profil anda bahwa anda memiliki sebuah website yang memiliki alamat "paijo.com". Karena seringkali orang yang pertama kali belum kenal dengan anda harus membaca dulu profil serta "wajah" anda untuk bisa dipertimbangkan atau tidak sebagai teman. Saran saya, pasang foto yang cantik/ ganteng untuk pertama kali. Buat semakin banyak mungkin teman. Setelah sekian lama akrab, anda bisa mengganti wajah anda. hehe..


2. Konversi

Ini adalah tindak lanjut setelah website anda memiliki trafik. Bila anda berniat untuk menghasilkan uang untuk website/ blog anda, anda memerlukan konversi. Apa yang harus anda pelajari dari konversi adalah sebagai berikut :
- Design Blog maupun Website
- Copywriting (membuat sales letter)
- Ketrampilan menulis

- Design blog
Design blog/website anda sedikit banyak akan menentukan kebetahan pengunjung anda berada dalam "rumah maya" anda. Anda bisa belajar Microsoft Frontpage, NVU maupun program pembuat website lainnya. Namun bila anda malas untuk belajar akan hal ini, anda juga bisa mencari "cetakan" website yang sudah jadi. Anda hanya tinggal mengisi konten dalam website tersebut. Untuk mencari design Blog maupun website, anda tinggal mengisikan beberapa keyword berikut kedalam mesin pencarian Google maupun Yahoo. Keyword tersebut adalah "free blogger template", "free website template". Dengan kedua kata ini anda bisa mendapatkan banyak sekali "cetakan" website/ blog. Anda hanya tinggal menggunakannya saja.

- Copywriting

Sebenarnya copywriting ini sangat berhubungan dengan penulisan, namun copywriting bertujuan untuk bisa menghasilkan penjualan. Ini adalah teknik yang hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bila anda ingin belajar teknik ini, anda bisa mempelajarinya baik online maupun offline. Untuk online, anda bisa mengetikkkan keyword copywriting pada mesin pencarian, maka anda akan menemukan informasi yang berkaitan dengannya. Namun kalau untuk offline, anda bisa membeli buku tentang penulisan yang persuasive, atau bagaimana menjual secara persuasive. Ini akan sangat membantu anda dalam skill copywriting.

- Ketrampilan menulis
Nah.. Untuk hal ini saya rasa adalah hal yang susah-susah mudah. Loh.. kok.. Iya, klo lagi mud aja pengin nulis terus, tapi kalau udah ngga' mud sekali saja, blog/ websitenya bisa ditinggal sampai beberapa lama. Hal ini berlaku untuk Blog saya ini.

Itulah yang bisa anda gunakan untuk memperbesar konversi anda. konversi ini sangat berkaitan dengan menghasilkan uang. Bila anda mengikuti program affiliasi google adsense, konversi itu berarti berapa banyak orang yang mengeklik iklan anda dibagi dengan keseluruhan pengunjung yang telah mengunjungi website. Begitu juga bila anda menjual produk secara online, konversi berarti berapa banyak orang yang membeli dibagi dengan orang yang telah mengunjungi halaman sales letter anda.

Perlu saya ingatkan kepada anda, lebih baik anda fokus pada satu hal di atas, jangan rakus. Satu saja anda Master, Anda akan mendapatkan banyak uang. Namun bila anda seperti saya, yang inginnya bisa semua, anda harus banyak bersabar.

Semoga ini bisa sedikit banyak membantu anda dalam memahami Internet Marketing.

Bila ada pertanyaan, jangan senggan untuk bertanya, bila ada kritik atau saran juga saya terima.kita semua masih dalam tahap belajar kan..??

Peta Internet marketing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown