Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Pilih Mana, Blogger Atau Pebisnis Internet ?

Sebelum jauh anda membaca artikel ini, saya ingin menegaskan blogger yang dimaksud adalah blogger yang me-monetize blog-nya sehingga blog tersebut bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya, bukan blogger sejati yang secara profesional menulis artikel di blog mereka tanpa me-monetize-nya. Sering terbersit di benak setiap orang yang ingin memulai bisnis online, ada yang menggunakan media gratisan seperti blog dan ada yang langsung ingin membuat website pribadi dengan menggunakan nama mereka sendiri. kedua-duanya bisa langsung digunakan sebagai profesi di internet. Jadi dari karakteristik untuk bisa mendapatkan uang dari internet, ada 2 jalur yang bisa digunakan, yaitu sebagai blogger (half-time atau full time) dan sebagai pebisnis online. Sekarang yang menjadi pertanyaan dari dua pofesi tersebut, manakah yang "paling" banyak menghasilkan profit?. Apakah sebagai blogger lebih banyak menguntungkan atau malah justru menjadi pebisnis online yang sering mendapatkan aliran uang dari bisnis mereka. Sebenarnya apa perbedaan yang mendasar dari keduanya?. Mari kita bahas satu persatu.

Sebagai blogger yang part-time seperti saya, memang banyak rintangan yang harus dihadapi, selain kita harus menetapkan jadwal agar urusan nge-blog tidak terganggu oleh aktivitas keluarga sehari-hari. Kebanyakan blogger dan pebisnis online yang serius menjalankan profesi mereka meluangkan waktu lebih untuk urusan bisnis, ada yang bangun 2 jam lebih awal dan tidur lebih lambat 2 jam, sehingga mereka tidak akan terganggu (saya sarankan anda bisa menerapkan ini). Dan juga harus rajin-rajin meng-update blog, agar mendapat respon dari pembaca yang datang, sehingga nilai konversi blog kita meningkat (aturan blogger matre nih..hehehe).

Kemudian kalau kita ingin menjadi blog full time sebenarnya banyak pertimbangan yang harus kita jalankan, apakah kita benar-benar telah menguasai pasar dan ketrampilan kita yang mumpuni dalam menghasilkan uang, sehingga kita berani mengambil keputusan menjadi blogger full-time. Atau sekarang pun anda sebenarnya sudah merintis ke jalan itu, tinggal anda mengasah lebih tajam intuisi / kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak pemasukan dari bisnis online dari blog anda.

Kapasitas seorang blogger dalam menjalankan bisnis online lebih banyak dalam membuat posting / artikel di dalam blog-nya (wajar lha wong namanya blogger..hehehe), namun kesempatan untuk menjaring lebih banyak bisnis online di dalam sebuah blog jauh lebih besar ketimbang menjadi pebisnis online , misalnya dengan mengikuti bisnis PPC, jualan link, bisnis PPL, atau me-review sesuatu yang dibayar (Paid To Review/PTR) dan masih banyak lagi tinggal kemampuan kita dalam mengelola semua itu. Kesimpulan dengan menjadi seorang blogger anda bisa merangkap semua bisnis yang ada , namun tetap fokus anda menyajikan tulisan / konten yang menarik buat pembaca anda.

lalu bagaimana dengan pebisnis online...?

simak tulisan saya berikutnya...

happy....hmmm..blogging and business deh...

Semoga bermanfaat.

Pilih Mana, Blogger Atau Pebisnis Internet ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar