Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

6 Tips Sederhana Merawat Keyboard Anda

belajar keyboardKeyboard merupakan alat musik yang perlu dirawat kalau memang anda ingin terus bermain dan bernyanyi dengan keyboard kesayangan anda. Perawatan keyboard tidak terlalu susah untuk di lakukan. Saya akan berbagi 6 tips sederhana untuk merawat keyboard kesayangan

1. Gunakan Stabilizer
Stabilizer berfungsi untuk men-stabilkan tegangan listrik agar asupan listrik untuk keyboard anda lebih stabil, saran saya gunakan model stabilizer yang ada motornya, karena stabilizer model ini lebih tahan lama dan lebih efektif untuk men-stabilkan tegangan listrik.

Jika dana anda mencukupi, anda bisa menambahkan unit UPS (Uninteruptible Power Supply), misalnya didaerah anda sering terjadi pemadaman listrik, nah alat ini berfungsi untuk menyimpan listrik sementara sampai beberapa menit setelah listrik padam, sehingga anda bisa mematikan keyboard dengan aman.

2. Gunakan Flashdisk Khusus
Jika mesin keyboard anda memiliki input berupa flashdisk, pastikan untuk memiliki sebuah flashdisk yang khusus, artinya untuk bermain style dan song keyboard, anda bisa menggunakan 1 (satu) buah flashdisk khusus dan kalau bisa anda menggunakan satu lagi flashdisk khusus untuk merekam song/style buatan anda, jangan digabung.

Apalagi flashdisk yang anda gunakan untuk bermain keyboard anda gabung dengan data-data untuk di komputer, saran saya sih jangan, karena selain riskan terserang virus, flashdisk yang terlalu banyak data akan memperlambat loading di mesin keyboard.

3. Scan Flashdisk Secara Berkala
Jika anda menggabungkan data-data dari komputer selain file song (extension *.mid) dan file style (extension *.sty), cobalah untuk men-scan dengan anti-virus agar tidak menjalar ke dalam keyboard anda, saya sendiri belum pernah membaca artikel seputar efek virus komputer yang menyerang keyboard, namun untuk berjaga-jaga agar keyboard anda aman dari virus, cobalah untuk sesekali memeriksa flashdisk dari ancaman virus (terutama trojan dll.), juga scan dengan menggunakan scandisk dari windows.

4. Letakkan Keyboard Dengan Aman
Posisi keyboard juga harus diperhatikan, pengalaman saya mengajar privat, kebanyakan keluarga yang memiliki keyboard menaruh keybord tidak di tutup dengan cover, sehingga agak berdebu. Biasanya kalau membeli keyboard anda selalu diberikan cover untuk menutup keyboard.

Kalau bisa, jika ingin lebih aman biasakan menaruh keyboard pada hard-case agar keyboard terlindung dari benturan dan cairan yang bisa merusak keyboard secara permanen.

5. Nyalakan dan Matikan Keyboard Secara Berurutan
Artinya begini, jika anda memiliki perangkat stabilizer, pertama yang anda nyalakan adalah Stabilizer-nya terlebih dahulu baru keyboard, dan saat mematikannya keyboard dulu dan jangan langsung mematikan stabilizer saat keyboard masih menyala. Atau lebih ekstrim lagi jangan mematikan keyboard langsung dengan mencabut kabel dari stop kontak.

6. Gunakan Sound System Tambahan
Untuk anda yang gemar bernyanyi, paling ga enak kalau bernyanyi dengan suara musik-nya kecil, iya khan?, otomatis anda akan membesarkan volume dari keyboard anda.

Perlu diketahui kalau speaker built-in yang ada di dalam mesin keyboard memang tidak terlalu besar power-nya, agar lebih aman lagi anda bisa menambahkan sound system berupa sebuah speaker untuk keyboard, jadi anda tidak perlu membesarkan volume dari keyboard anda agar tidak kalah dengan suara anda. Saya sendiri memakai speaker merk Blazer untuk mendukung aktivitas bermain keyboard saya dirumah.

Semoga bermanfaat.

6 Tips Sederhana Merawat Keyboard Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar