Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

5 Cara Mengetahui Kesuksesan Blog [Bisnis] Anda....

blog suksesMemulai sebuah blog di internet bisa jadi merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang yang baru memulai buat blog di internet. Masa-masa ketika seseorang belajar membuat blog, kemudian mengumpulkan artikel-artikel yang digabung menjadi sebuah posting, mulai mendapatkan subscriber atau pembaca blog, lalu tidak betah dengan template satu lalu berpindah ke template yang lein. Yang tidak kalah menariknya adalah ketika mulai berdatangan komentar-komentar yang ada di blog kita. Namun setelah blog tersebut mulai dibanjiri dengan ratusan posting oleh sang empunya blog, kemudian oleh ribuan komentar yang datang, apakah blog tersebut kini sudah bisa dibilang blog sukses?

Namun sesungguhnya pekerjaan sebagai seorang blogger adalah pekerjaan yang butuh kerja keras. Tidak ada sebuah blog menjadi terkenal hanya dalam semalam, kecuali blog tersebut memang dibuat oleh seorang blogger yang sudah terkenal, jadi pantas saja kalau keesokan harinya pembaca yang berlangganan blog tersebut mulai menyemut untuk berebut artikel baru.

Banyak blogger yang menyerah diperjalanan mereka meng-update blog, memberikan komentar, blogwalking dan yang paling parah mereka berhenti ketika melihat blog mereka tidak menghasilkan apa-apa kecuali hanya membuang waktu percuma untuk mengurusi blog miliknya.

Jika anda ingin tahu bahwa sebenarnya jutaan manusia yang ingin menjadi subscriber blog anda, ribuan komisi dari iklan atau affiliasi yang ingin menyambangi blog anda, lalu apakah anda termasuk kepada orang yang gampang menyerah?, atau justru anda ingin membuat blog anda jauh lebih baik dan bisa mendatangkan profit untuk anda?.

Oke, 5 tanda simpel berikut ini adalah tanda yang bisa anda pakai untuk mengukur sejauh manaa sebenarnya blog anda untuk mencapai blog yang sukses atau mungkin dalam proses pencapaian-nya.

  1. Komentar
    Komentar adalah sebuah indikasi dimana banyak komentar belum tentu menandakan blog anda sudah sukses, karena banyak komentar yang hinggap di blog anda adalah relatif. Coba bayangkan kalau blog anda berhasil meraih 1000 komentar namun isi semua dari komentar tersebut hanya berbunyi "nice post....", apakah blog anda bisa dibilang sukses?. Jadi jumlah komentar yang banyak belum tentu menjadikan blog anda terkenal, karena dengan komentar yang sedikit tapi berbobot adalah ciri dimana blog anda bisa membuat pembaca tertarik untuk berkomentar dengan tulus tanpa harus terpaksa seperti harus meninggalkan jejak/backlink. Justru karena konten/posting anda yang bermutu sehingga indikasi komentar yang berbobot adalah ciri-ciri tanda blog anda sukses.
  2. Subscriber
    jumlah subscriber (pembaca setia yang berlangganan lewat email) yang banyak memang menjadi dambaan setiap blogger. Jika jumlah mereka terus bertambah dan bertambah itu artinya blog anda sudah tepat pada jalurnya. Butuh berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan jumlah pembaca tetap anda. namun biar lambat tapi pasti, pertumbuhan subscriber anda pasti akan terus berkembang sampai akhirnya bisa menembus angka 3 digit kalau kita "menyadari" bahwa pekerjaan sebagai blogger tidak hanya membuat artikel tapi seorang blogger harus bisa memprediksikan bagaimana dia bisa menggunakan social media yang ada (Facebook misalnya) untuk mencari pembaca sebanyak-banyaknya, serta membuat artikel yang teratur dan mampu meng-evaluasi seberapa efektifkah artikel yang sudah ditulisnya.
  3. Link
    link adalah sebuah harga mati untuk kelangsungan sebuah blog. Dengan link, blog anda akan mendapatkan perhatian dari segala penjuru internet, mulai dari search engine sampai dengan social media yang terus berkembang. Jadikanlah blog anda pusat perhatian dunia blogging. Miliki link yang banyak yang menuju blog anda. Satu dari cara untuk mendapatkan link berkualitas adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Semakin banyak konten tersebut, semakin jelas anda terlihat dan semakin banyak inbound link yang anda dapatkan. Segeralah bertukar link dengan sesama blogger dan mulailah menulis artikel yang bermutu dan yang terpenting ber-kolaborasilah dengan sesama blogger, entah itu lewat blogwalking, komentar, menjadi guest writter dan sebagainya.
  4. Teman
    Menyambung point ke 3, memiliki teman blogging adalah menyenangkan, namun sebaiknya anda mencari teman yang memiliki minat yang sama dengan niche blog anda. Karena kesuksesan jangka panjang anda bergantung kepada kepada siapa anda berteman dalam dunia blogging saat ini. Perluaslah jaringan pergaulan anda, temukan teman-teman baru untuk saling berbagi pengalaman. Karena dengan berteman atau berguru kepada orang yang memiliki minat yang sama akan jauh lebih baik daripada anda mengikuti kursus-kursus bisnis online.
  5. Niche
    Banyak blogger membuat kesalahan pertama ketika membuat blog, yaitu dengan tidak memberikan "niche" yang jelas di blog mereka. Saya pun pernah melakukan kesalahan ini. Jika blogging adalah hobi anda, janganlah anda membuat pagar yang membatasi karir dan kesenangan anda saat ini. Namun jika anda seorang blogprenur yang ingin me-monetize blog pribadi anda atau anda ingin memilih profesi blogger sebagai pekerjaan utama anda, anda harus memberikan definisi ysng jelas kepada pembaca blog anda dan target pasar yang anda bidik.

ke-5 barometer diatas mungkin anda bisa jadikan patokan bahwa anda tidak sia-sia dalam mengurusi blog anda. Artinya semua waktu yang telah anda investasikan bisa jadi akan membuahkan hasil dimana satu dari 5 tanda kesuksesan blog diatas telah anda temukan , atau bahkan semua dari 5 tanda tersebut kini ada pada blog anda.

Semoga bermanfaat.

5 Cara Mengetahui Kesuksesan Blog [Bisnis] Anda.... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar