Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

5 Tips Anti-Bingung Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Internet

Domain memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis internet. Domain merupakan "nama toko" kita sehingga dengan mudah orang akan mengingatnya. Dengan domain pula maka peringkat toko online kita akan bagus di mata Google. Banyak para pemula yang terjun ke dunia bisnis online yang merasa kebingungan untuk memilih dan mendapatkan nama domain. Berikut adalah tips bagaimana agar anda menghindari kebingungan dalam mencari nama domain.

1. Pastikan anda sudah melakukan riset keyword sebelum membeli domain. Karena dengan riset keyword yang baik dan benar terbukti ampuh untuk mendapatkan traffik dari search engine. Riset keyword bisa dilakukan dengan membidik "niche" yang anda target terlebih dahulu, lalu setelah anda dapatkan hasil riset yang baik, maka bisa dilanjutkan dengan pemilihan nama domain.

Untuk riset keyword bisa anda lakukan dengan gratis yaitu menggunakan Google adword keyword tool dari Google. Dengan tools seperti ini, bisa dipastikan anda mendapatkan keyword yang lebih spesifik dari domain anda.

2. Usahakan untuk tidak menggunakan domain gratisan. Namun sebenarnya memakai domain gratisan-pun "diwajibkan" oleh sebagian para pebisnis online yang tidak mau ribet masalah hosting dan segala tetek-bengeknya. Tapi jika website anda ingin tampil lebih profesional maka pemilihan nama domain gratisan bisa anda hindari terlebih dulu, dan pilihlah domain dengan TLD (Top Level Domain) yang bagus, sehingga para pengunjung akan merasa yakin dengan website online anda.

3. Beli domain pada domain-registrar yang handal dan terpercaya. Pastikan untuk mengetahui fitur-fitur yang mereka tawarkan, misalnya fitur whois-guard yang menjaga kerahasiaan sang pemilik domain dan sebagainya. Carilah penjual domain yang memberikan kupon diskon ketika anda ingin membeli sebuah domain, saya beri contoh misalnya Namecheap.com. Mereka selalu memberikan kupon diskon setiap bulannya ketika kita ingin membeli domain di Namecheap.

4. Variasikan nama domain anda. Jika anda sulit menemukan domain dengan keyword yang anda target, cobalah untuk anda variasikan dengan kata-kata yang menarik agar pengunjung mau datang ke website anda.

5. Jangan memakai domain dengan nama anda jika ingin berbisnis secara riil. karena setahu saya, kalau domain dengan nama personal lebih kearah domain-branded, misalnya begini, masih ingat dengan situs jokosusilo.com, nah kebanyakan orang pasti berfikir kalau Joko Susilo adalah pemilik dari situs Formula Bisnis, atau misalnya nama domain saya adalah pemilik bisnis kamera Fuji dan Samsung Plasma TV online...hehehe..

Maksudnya jika sudah memiliki domain bisnis dengan benar, maka anda tinggal membangun domain-branded dengan cara membeli domain nama anda dan disanalah anda mulai untuk membangun citra website bisnis internet anda.

Semoga bermanfaat.

5 Tips Anti-Bingung Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar