Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan Rusak

Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan Rusak - Merawat motor matik sangat penting karena memang motor adalah sarana transportasi pilihan masyarakat banyak, selain cepat dan bisa diandalkan ketika jalan sering macet seperti saat ini. Namun bagaimana jika motor matik sering dipakai dalam kondisi jalan yang rusak atau kurang mulus. Pastinya banyak yang perlu diperhatikan jika motor matik sering dipakai pada kondisi jalan rusak. Ini yang perlu diperhatikan untuk motor matik ketika sering melintas jalan rusak.



Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan Rusak


 Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan RusakMotor matik selain sangat simpel dalam penggunaannya juga menjadi kendaraan favorit karena tidak capek jika dipakai dalam jarak jauh. Karena sering dipakai dalam komplek rumah atau dipakai ibu-ibu untuk untuk ke pasar atau untuk menjemput anak sekolah. Nah jika fasilitas jalan atau jalan raya di sekitar perumahan Anda tidak terlalu bagus alias rusak, maka siap-siap saja beberapa penyakit akan langsung menghinggapi motor matik Anda.

Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan jika motor matik anda sering melewati jalan rusak :

1. Kabel speedo meter


Inilah penyakit abadi bagi sang pemilik motor matik jika sering melewati jalan dengan kondisi aspal tidak bagus, alias banyak lobang, alias tidak bagus alias bompel-bompel (duh istilah dari mana nih?). Jika jalan di perumahan atau sekitar rumah anda tidak bagus seperti diatas, maka bersiaplah jika motor matik anda akan mengalami gangguan pada kabel speedo meter.

Sebagai pengguna motor matik di kawasan jalan yang rusak, saya sudah hampir 2 kali mengganti kabel speedo meter motor matik, bahkan sekarang yang ke-3 kalinya. Wah tentu sangat menyebalkan bukan?.

Kabel speedo meter akan sering putus atau rusak jika kondisi jalan yang kurang bagus atau berlobang. Goncangan yang terlalu sering akan menyebabkan kabel menjadi tidak stabil dan mengakibatkan putus pada bagian dalam, sehingga kita tidak bisa melihat kecepatan (speed) motor yang sedang kita kendarai, walhasil akan mempengaruhi kapan kita bisa mengganti olie jika kita mengandalkan jarak kilo meter pada panel motor.

Baca juga : DP BBM kodok ijo


Jika hal ini terjadi, bisa jadi dalam jarak 2-3 kilometer kabel speedo meter akan putus kembali. Sebenarnya tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar kabel speedo meter tidak putus kembali, selain menggunakan dan mengendarai motor dengan perlahan ketika melewati jalan berlobang dan rusak.

2. Velg motor matik menjadi retak atau patah


Nah ini yang lebih berbahaya lagi, sebab jika velg motor matik (yang kebanyakan menggunakan velg racing) sering melewati jalan berlobang maka akan menyebabkan velg menjadi tidak stabil (speleng:red) dan harus segera di stel ulang. Kebanyakan melewati jalan yang berlubang akan bisa mengakibatkan velg patah atau retak. Kembali lagi ini harus dihindari dengan cara mengendarai motor dengan perlahan ketika melewati lubang di jalanan yang rusak.

3. Ban terasa seperti kempes atau kurang angin


Motor matik sangat peka terhadap kondisi jalan yang kurang mumpuni. Khusus bagi para wanita yang sering menggunakan motor matik agar berhati-hati ketika mengendarainya. Banyak kecelakaan yang terjadi karena motor sering melewati jalan yang rusak dan berlubang. Jika sering lewat di jalan rusak, sesering mungkin untuk mengecek kondisi ban, karena tekanan yang diterima ban yang berlebih akibat melewati lubang akan membuat motor tidak stabil dan berasa seperti ban motor kempes atau kurang angin.

Segeralah mengecek kondisi ban jika sering melewati lubang pada jalan yang rusak parah. Apalagi jika musim hujan datang, banyak sekali lubang-lubang di jalan yang tidak terlihat secara kasat mata ketika hujan maupun setelah hujan reda. Berhati-hati dalam mengendarai motor matik ketika hujan serta melintasi jalan rusak.

Baca juga :  Harga Motor Honda Baru / Bekas Komplit Update Terbaru

Demikian artikel seputar motor matik, semoga Anda semakin lebih berhati-hati jika melewati jalan yang rusak parah. Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan Rusak.

Ini Yang Perlu Diperhatikan untuk Motor Matik Ketika Sering Melintas Jalan Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar