Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Belajar SEO : Bagaimana Mendapatkan Backlink Satu Arah >> Artikel Direktori (Part-1)

Belajar SEO kali ini tentang bagaimana mendapatkan backlink satu arah yang berasal dari submit artikel ke artikel direktori. Sebelum jauh kita belajar SEO, ada baiknya kita mengenal dengan baik apa itu backlink? apa itu artikel direktori, dan bagaimana hubungannya dengan blog kita di peringkat pencarian Google/mesin pencari lainnya?.

Pengertian backlink adalah sebuah link yang berada di webiste/blog milik orang lain yang mengarah ke blog/website kita. Backlink bisa kita peroleh dengan blog-comenting alias komentar di blog milik orang lain denga mencantumkan link yang mengarah ke blog kita dengan anchor text sesuai dengan topik blog kita.

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam off-page SEO atau teknik optimisasi mesin pencari agar blog kita bisa tampil di 10 besar halaman pertama, dengan cara membuat link yang mengarah ke blog kita.

Semakin banyak backlink yang kita buat atau kita dapatkan maka semakin bagus posisi kita dimata Google. Akan tetapi Google juga akan menilai mana backlink yang dibangun secara alami maupun secara bombastis, artinya backlink yang muncul secara cepat.

Saya pribadi merasakan (pada beberapa minisite amazon saya) kalau backlink yang dibangun dengan alami , akan mengalami proses kenaikan ranking pada Google dengan signifikan, artinya tidak langsung melonjak namun perlahan dan pasti.

Salah satu cara agar kita mendapatkan backlink satu arah, yaitu dengan men-submit artikel yang berisi link ke blog kita, ke suatu website yang berisi kumpulan artikel-artikel, biasanya dinamakan artikel direktori.

Contoh artikel direktori yang paling terkenal adalah Ezine. Ezine terkenal dengan artikel-artikel yang bermutu dan tak jarang banyak artikelnya menduduki posisi tertinggi pada mesin pencarian. Namun untuk men-submit artikel ke Ezine butuh kerja keras, karena mereka tidak sembarangan menerima artikel yang berbau backlink langsung (link di tengah artikel), namun anda bisa mencantumkan link blog anda pada data pribadi penulis.

Jangan berkecil hati, masih banyak artikel direktori yang menerima artikel anda, sehingga bisa menjadi backlink satu arah yang bermutu. Saya beri contoh 10 diantaranya :

1. http://www.articlerampage.com
2. http://www.articlerealm.com
3. http://www.articleresourceindex.com
4. http://www.articleretreat.com
5. http://www.articlerich.com
6. http://www.articlerunner.com
7. http://www.articles-book.com
8. http://www.articles-central.info
9. http://www.articles-collections.com
10. http://www.articles-galore.com

Semoga bermanfaat.

Belajar SEO : Bagaimana Mendapatkan Backlink Satu Arah >> Artikel Direktori (Part-1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar