Peluang Bisnis Sound System

Siapa yang doyan musik?, atau senang dengar suara musik keras-keras?, pastinya tertarik dengan peralatan sound system untuk bisa mendengar suara berkualitas bagus. Kabar baiknya bisnis sound system bisa menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya dengan cara menyewakan atau menyediakan jasa orkes atau organ tunggal untuk sebuah acara. Di sebagian daerah di Indonesia, bisnis ini sangat cerah prospeknya karena bisa mendapatkan keuntungan hampir mencapai 90 persen.

Apalagi kalau anda punya sebuah studio musik dengan peralatan yang sudah cukup mumpuni, saya yakin dengan modal tersebut anda sudah bisa memulai jasa penyewaan sound system, tinggal anda menambahkan peralatan tambahan seperti speaker untuk outdoor, mixer dan lain sebagainya.

Peluang bisnis sound system kini sudah banyak merambah ke daerah-daerah untuk keperluan acara/hajatan seperti acara perkawinan, sunatan, ulang tahun dan lain sebagainya.

Kini semakin banyak orang yang melirik usaha ini karena perkembangan musik di tanah air yang pesar akhir-akhir ini dan semakin banyak bermunculan musisi-musisi muda berbakat dan langsung melejit menjadi artis, dan inipun berdampak kepada perlengkapan bermusik itu sendiri seperti sound system itu sendiri, kebutuhan panggung outdoor untuk konser, lighting (penataan cahaya), mixer dan lain sebagainya.

Memang jika anda ingin sukses di bisnis ini, minimal anda harus menyukai atau hobi musik, tetapi ini tidak menjadi patokan anda untuk bisa sukses ber-bisnis sound system, karena ada yang bisa sukses di bidang ini karena dulunya dia seorang teknisi, sampai akhirnya kini menjadi langganan untuk beberapa stasiun teve untuk menyelenggarakan event-event besar.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis sound system ini, anda bisa "mencicil" peralatan dengan membeli atau merakit sound system sendiri. Sekarang sudah banyak peralatan dari china yang kualitasnya tidak kalah dengan branded. Misalnya saja mixer 24 channel yang kualitasnya hampir sama dengan merek-merek luar.

Begitu juga dengan kualitas speaker, nah kalau disini butuh kejelian untuk mengukur kapasitas dan kekuatan speaker yang akan anda buat/rakit sendiri. Karena banyak speaker-speaker yang bisa jebol pada "range" frekuensi tertentu.

Sebagai bocoran untuk membeli peralatan sound system, anda bisa melihat-lihat toko aksessories sound system di daerah bilangan senen, jakarta Pusat tepatnya di jalan kembang sepatu. Disitu anda bisa memilih jenis dan merek pilihan anda dan harganya pun bisa disesuaikan dengan kantong anda. Jika anda memiliki dana lebih anda bisa datang ke toko-toko ternama tempat menjual sound system branded.

Kalau anda ingin usaha anda lebih terkenal lagi, anda harus bisa menggandeng dengan para pelaku bisnis hiburan lainnya, misalnya dengan event organizer, penyewaan alat-alat pernikahan, tata rias, studio musik. Pokoknya perluas jaringan hubungan bisnis anda dengan mereka agar anda selalu kebanjiran order bisnis sound system anda, oke?..

sumber foto : www.competitionmusic.net

Back to Top