Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Tips Jitu Ber-Bisnis Online.....

Sekedar berbagi dan saling bertukar informasi seputar bisnis online, postingan kali ini saya ingin mengajak para pembaca untuk lebih merenungi hakikat tujuan kita ber-bisnis online (dengan segala tetek bengek didalamnya..:) ), karena banyak situs-situs bisnis di internet yang cuma "mengajak berbisnis" tapi tidak secara gamblang menyediakan tutorial / pengajaran yang lebih bersifat kepada berbagi ilmu atau pengalaman untuk mengajarkan kembali tentang cara-cara sukses berbisnis online dengan benar.

Adakalanya seseorang merasa kekurangan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, atau merasa gaji perbulannya selalu habis ketika di akhir bulan, bukannya seharusnya uang tersisa di akhir bulan tetapi bulan selalu tersisa di akhir uang..:), mungkin ini adalah salah satu faktor pemicu dari sekian faktor mengapa banyak orang ingin menekuni bidang bisnis online (internet marketing).

Untuk bisa berbisnis di dunia maya, memang tidak sedikit "modal" yang harus dikeluarkan oleh mereka yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis online, sebut saja modal utama yaitu modal koneksi internet, yang merupakan senjata utama / modal wajib bagi para pebisnis internet, namun dengan menjamurnya warung internet / warnet, mungkin bisa menjadi jawaban / solusi bagi para karyawan yang ingin mencoba berbisnis di dunia maya setelah 8 jam mereka bekerja (tentu dengan segala resiko yang akan mereka tanggung, sebab tidak ada bisnis yang tidak mengandung resiko), apalagi kalau di kantor masing-masing tersedia koneksi internet gratis (asal tidak ketahuan aza...hehe).

Oke, saya akan mencoba berbagi pengalaman atau bisa dikatakan sharing / tips bagi mereka khususnya para karyawan / pegawai yang ingin mencoba ber-bisnis di internet.

1. Tetapkan tujuan utama anda berbisnis di Internet.

Ini penting, karena kalau anda tidak mempunyai tujuan utama atau alasan kuat mengapa anda ingin terjun kedalam bisnis online, apakah kita ingin mendapatkan keuntungan yang bisa menjadi penghasilan tambahan setiap bulannya, atau yang lebih ekstrimnya anda ingin keluar dari pekerjaan sekarang karena tidak ada perbaikan disana, saran saya untuk yang masih bekerja / bergantung kepada kantor tempat kita bekerja, janganlah tujuan anda berbisnis di internet untuk segera keluar dari pekerjaan anda sekarang, sebab hal ini sangat beresiko , kecuali anda mempunyai formula-formula yang jitu yang bisa menghasilkan hasil yang melebihi penghasilan tetap anda sebulan.

Namun saya ingatkan sekali lagi bahwa berbisnis online di Internet memerlukan modal yang tidak sedikit, baik modal material maupun waktu. Oleh karena itu, pikirkanlah baik-baik sebelum anda terjun untuk memutuskannya.

2. Fokus dengan satu macam bisnis

Hal ini sering terjadi ketika pebisnis pemula banyak yang tidak fokus dengan bisnis yang ada di dunia internet yang ia ingin geluti, karena kita tahu macam-macam bisnis di internet banyak sekali, mulai dari yang basic seperti Google adsense, PTC, PPL, affiliate sampai bisnis yang sudah memakai website bisnis dengan nama domain pribadi dan sudah menjangkau pasar dunia.

Memang untuk bisa fokus di bisnis internet tidaklah mudah, kalau kita memang bisa lebih dari satu macam bisnis , mengapa tidak?, cobalah untuk fokus kepada satu macam terlebih dahulu, misalnya di bisnis PTC Google adsense, pahami terlebih dahulu unsur-unsur yang ada di dalamnya, kemudian setelah benar-benar faham, barulah anda bisa lompat ke jenjang berikutnya contohnya dengan mengikuti program review dan menulis di blog anda sehingga anda mendapatkan uang dari hasil tulisan review di blog anda.

3. Persenjatai diri anda dengan modal pengetahuan yang cukup

Ini juga termasuk bagian terpenting dalam hal ketika anda ingin berbisnis di dunia online, dengan memiliki pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk bisnis online, dipastikan 99,99 % anda terhindar dari jenis-jenis bisnis yang merugikan anda atau yang tidak bisa anda ikuti sepenuhnya karena anda mengikutinya secara terpaksa atau karena anda tidak tahu sebelumnya.

Dengan terus mengikuti perkembangan di blog buat bisnis ini, saya yakinkan anda berada pada jalur yang tepat untuk kita bersama-sama belajar, berbagi dan sukses bareng-bareng di bidang internet marketing maupun bisnis affiliate nantinya, amin..

4. Perbanyaklah teman

Dengan berteman banyak, dijamin segala permasalahan atau keluhan yang kita hadapi akan terjawab, sering-seringlah berkunjung ke forum-forum yang menyediakan fasilitas berbagi informasi terhadap satu jenis minat yang sama dengan anda, sehingga anda akan mendapatkan jawaban dari permasalahan mereka yang mungkin sama dengan anda.

atau dengan menjalin kerjasama dengan teman blogger yang mempunyai minat yang sama. dengan demikian anda akan lebih terarah, karena hakekat bisnis adalah kerjasama yang menguntungkan, dengan bekerja sama dengan blogger lain kita akan menemukan hal-hal baru yang bisa membuat bisnis online kita lebih maju pesat.

5. Gunakan modal awal anda dengan sebaik-baiknya.

Kebanyakan para pebisnis pemula ketika ada penawaran berupa sales letter yang menawarkan kepada merka tentang produk-produk, apakah itu produk informasi berupa ebook atau apalah, mereka langsung tergiur dan ingin langsung membelinya, saran saya pelajari dulu isi atau materi yang bisa anda tangkap dari surat penawaran-nya (sales letter), sehingga anda bisa mengambil kesimpulan tentang produk tersebut, jangan anda ingin langung membeli, ketika anda sudah membeli tetapi ilmu anda belum cukup dan anda tidak bisa menerapkannya , anda langsung men-cap produk si penjual-A, adalah produk kosong, padahal anda sendiri yang belum bisa menterjemahkannya kedalam bisnis anda.

saran saya sebaiknya modal awal anda , anda pergunakan untuk membiayai koneksi internet anda, sebab masih banyak model bisnis online yang bisa anda raih tanpa membeli suatu produk dari orang lain, misalnya saja dengan membuat blog dan menaruh kode adsense disitu kemudian buatlah blog yang banyak, sebanyak mungkin dengan artikel-artikel yang anda buat sesuai dengan tema blog tersebut dan menempelkan kode adsense yang sesuai dengan tema blog anda, dari situ saja anda bisa memperoleh pendapatan yang maksimal, dan tentunya ini akan memerlukan pengeluaran untuk biaya koneksi internet yang tidak sedikit.

Oke nanti kita sambung lagi untuk kiat-kiat berikutnya...

Semoga bermanfaat,

Tips Jitu Ber-Bisnis Online..... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar