Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Tips Merawat Motor Agar Awet Tahunan


Tips merawat motor Agar awet tahunan. Motor adalah kendaraan paling praktis untuk ukuran jaman saat ini. Banyak keuntungan dari memiliki motor sebagai unggulan sarana transportasi untuk ibukota yang salah satunya adalah untuk menembus kemacetan yang kerap terjadi di saat jam pergi maupun pulang kerja.



Bagi sebagian orang merawat motor sama pentingnya dengan merawat tubuh sendiri. Motor bisa menjadi rusak apabila tidak diperhatikan cara merawatnya dengan baik. Terlebih saat ini dimana musim penghujan yang sering menggenangi sebagian jalan ibukota, sehingga para pengendara motor harus lebih waspada akan bahaya yang mengintai dikala mengendarai motornya.

Nah jika Anda ingin punya motor biar awet dan mudah dipakai serta tidak rewel, berikut tips merawat motor agar awet tahunan.

Pertama pastikan bahwa olie motor anda di ganti untuk setiap periode yang anda butuhkan, misalnya setiap 1000km sekali, 1500 sekali atau 2000km sekali. jika anda rasakan motor anda butuh untuk mengganti olie, maka segera lakukan penggantian olie.

Olie adalah pelumas untuk mesin anda, dengan mengganti secara teratur olie mesin anda, maka dipastikan motor anda jauh dari keluhan cepat panas atau mesin yang menggelitik suaranya, serta tarikan motor akan menjadi ringan.

Kami sarankan juga untuk setiap 2 atau 3 kali ganti olie, anda harus men-servis motor anda agar performa motor semakin baik dan prima, terutama jika anda menempuh jarak jauh.

Pilih olie yang sesuai dengan motor anda, jangan mencoba untuk mengganti olie dengan olie yang berkualitas rendah atau kualitas yang lebih tinggi yang anda pikir lebih baik. Lebih baik jika anda terus mengganti olie sesuai dengan pabrikan motor anda. Jika tidak mintalah saran dari mekanik kenalan anda.

Tips berikutnya adalah selalu menjaga kebersihan motor. Anda pasti merasa risih jika kemarin sore hujan lebat dan motor Anda kotor, tapi keesokan harinya Anda harus berangkat dengan motor tersebut, ya khan?. Nah perlu anda ketahui bahwa hujan yang membasahi kendaraan, motor khususnya, secara kasat mata tidak terlalu jelas dampaknya, namun jika lama kelamaan jika tidak langsung di bersihkan maka akan muncul karat di besi rangka maupun di velg ban terutama.

Yang ketiga tips merawat motor agar awet tahunan adalah dengan sesuaikan kecepatan dengan kondisi motor. Sering terjadi jika kita hendak bepergian jarak jauh, motor digeber dengan kencang, sehingga tak ayal motorpun "jatuh sakit" setelah menempuh jarak jauh. Hendaknya disesuaikan antara kecepatan dan jarak yang ditempuh.

Tips terakhir yang perlu anda perhatikan agar motor awet tahunan adalah pastikan anda mengganti suku cadang dengan suku cadang asli pabrikan motor anda. Walau anda tertarik dengan suku cadang yang murah namun bukan asli pabrikan motor anda, silahkan saja anda pasang. Namun biasanya hanya bertahan beberapa lama saja, bandingkan dengan suku cadang asli, pasti akan lebih tahan lama.

Demikian artikel tips merawat motor agar awet tahunan, semoga bisa membantu anda dalam merawat motor dan tetap berhati-hati serta jadilah pelopor keselamatan dalam berkendara.

sumber : http://www.newsberita.com/2013/11/baca-ini-tips-merawat-motor-agar-awet.html

Tips Merawat Motor Agar Awet Tahunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar