Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Memilih dan Membeli Rumah Baru atau Seken Dengan Pinjaman KPR (part-1)

Memiliki rumah sendiri adalah idaman semua orang, karenanya masih banyak orang yang masih mencari-cari rumah idaman untuk di beli dan dihuni sebagaimana layaknya sebuah keluarga yang ideal. Jika saat ini anda ada niatan untuk memilih dan membeli rumah baru atau seken dengan pinjaman KPR dari bank, ada baiknya anda melakukan riset kecil-kecilan agar anda bisa menentukan bank mana yang akan anda pilih dan berapa besar dana yang dibutuhkan untuk pembiayaan rumah yang akan dibeli.

Posting ini sedikit banyak mungkin memberikan masukan kepada pembaca blog bisnis ini, jika kiranya ada niatan untuk membeli rumah baru atau seken, atau ada niat untuk cuma sekedar mau tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah baru atau rumah seken.

Sekarang ini untuk membeli rumah, kita dihadapkan kepada 2 fakta yang sering mengganjal (kalau memang keuangan kita kurang). yaitu kita dihadapkan kepada 2 fakta di lapangan, yaitu :
- untuk rumah baru, anda akan dikenakan DP sebesar 20%
- untuk rumah seken, anda akan dikenakan DP sebesar 30%
(ini hasil sementara riset saya terhadap beberapa bank yang ingin saya ajukan aplikasi kredit, mungkin bisa berkurang atau bertambah)

Artinya kita harus menyetorkan sejumlah uang untuk membayar DP (down payment) sebelum anda mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) turun untuk membiayai kredit rumah anda.

Saya pribadi menganjurkan anda untuk mau melakukan riset kepada bank-bank pemberi kredit pemilikan rumah, agar anda tahu bagaimana syarat dan ketentuan dari bank tersebut dan pada akhirnya anda akan tahu berapa DP yang harus disetorkan dan peraturan lainnnya, karena mungkin semua bank tidak sama dalam menerapkan berapa besar DP untuk KPR.

Menurut saya, untuk bisa membeli rumah baru atau seken dengan menggunakan KPR dari bank, pastinya akan lebih bijaksana apabila anda mengetahui bank mana yang memberikan bunga kredit lebih rendah dan DP yang lebih kecil.

Menentukan bunga KPR juga penting, apakah bunga itu flat atau menurun. pilihlah bank yang memberikan bunga rendah untuk kredit yang diberikan mereka.

Namun resikonya kalau ingin uang down-payment/DP yang rendah, terkadang rumah yang kita dapatkan sangat jauh sekali dari lokasi kita, namun ini relatif bagi mereka yang ingin sekali mendapatkan rumah murah, tak peduli dengan jarak antara rumah dengan lokasi pekerjaannya.

Sampai posting berikutnya, saya ingin sekali berbagi kepada teman-teman yang ingin mendapatkan informasi seputar rumah murah dan tips-tips bagaimana memperoleh kredit rumah yang mudah dan angsuran yang terjangkau.

Memilih dan Membeli Rumah Baru atau Seken Dengan Pinjaman KPR (part-1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar