Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Menambah Backlink Berkualitas Untuk Blog | Surat Pembaca BBB

Surat berikutnya datang dari iones di artikel Belajar SEO, yang menanyakan seputar menambah backlink. Mendapatkan backlink yang berkualitas sebenarnya sudah saya bahas sebelumnya, salah satu caranya adalah dengan memberikan komentar di blog milik orang lain yang "do follow" artinya membiarkan search engine untuk menelusuri lebih dalam link kita yang berada di blog lain. Menambah backlink sangat penting untuk mendongkrak posisi blog di search engine.

Masalah yang di hadapi bro iones adalah ketika dia memberikan komentar di blog orang lain dan tukeran link, ternyata backlink yang didapatkan tidak sebanding dengan usahanya. Menurut saya ada kemungkinan blog yang dikomentarinya adalah blog yang "no-follow", oleh karenanya search engine tidak bisa menelusuri lebih lanjut ke blog milik bro iones.

Sebenarnya Google menghitung jumlah backlink sebuah blog/website dari bermacam-macam link yang mengarah ke blog kita, salah satunya yang paling ampuh menambah backlink adalah dengan cara one-way backlink.

One-way backlink adalah sebuah link yang berasal dari blog milik orang lain yang mencantumkan link blog kita di artikel mereka, sehingga terlihat natural dan Google senang dengan hal ini. Namun cara ini terbilang susah dan jarang sekali dilakukan oleh para pemilik blog (kecuali mereka dibayar..hehe).

Tapi jangan takut, ada program yang bisa membuat hal diatas bisa diatasi. Caranya adalah dengan bergabung dengan FreeTrafficSytem (FTS). FTS adalah sebuah website yang memperbolehkan anda untuk men-submit artikel "original" sebanyak mungkin ke jaringan blog mereka, nantinya di artikel tadi anda bisa sisipkan link blog anda dan akan membentuk sebuah one-way backlink yang lebih natural. Keuntungan bagi para pemilik blog yang menerima artikel anda adalah mereka mendapatkan konten gratis dari FTS.

Untuk mengecek jumlah backlink, saya biasanya menggunakan software Market Samurai free-version. misalnya untuk case study minisite saya yang menjual kamera fuji, saya mendapatkan backlink yang cukup lumayan, salah satunya adalah dengan menggunakan FTS tadi (lihat image).


Berkomentar dan bertukar link harus tetap dijalankan, baik di blog yang do-follow maupun no-follow anda harus tetap berkomentar, karena bukan cuma backlink saja yang kita dapatkan, namun jangan lupa traffik dari komentar kita jika memang membuat orang penasaran untuk mengklik link kita dan hadir di blog kita, iya khan?

Semoga bermanfaat.

Menambah Backlink Berkualitas Untuk Blog | Surat Pembaca BBB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar