Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Cara Mengedit Song di Yamaha PSR 910 | Belajar Keyboard

Hosting Unlimited Indonesia

Cara mengedit song di Yamaha PSR 910 adalah topik belajar keyboard kita yang saya coba akan bahas di posting awal tahun 2011 ini. Pertanyaan tentang cara mengedit song di Yamaha PSR 910 ini sebenarnya sudah lama ditanyakan oleh seorang pembaca blog ini, namun karena kesibukan offline dan posting di beberapa blog serta proyek minisite, pertanyaan tadi hampir terlupakan. Nah kini saatnya saya mencoba untuk menjawab pertanyaan tentang mengedit song di mesin PSR 910.

Pada saat memainkan sebuah song, jika anda merasakan ada bunyi/voice yang anda rasakan kurang enak atau anda ingin ganti dari sebuah song yang dimainkan di PSR 910, anda bisa saja mengganti voice tersebut dengan instrumen lain yang anda inginkan dan caranya sangat mudah sekali.

Mengganti sebuah voice/bunyi instrumen sangat penting jika anda ingin belajar keyboard lebih mendalam (arranger), karena dengan demikian anda akan terbiasa untuk mengolah sebuah song untuk anda edit sehingga membuat sebuah lagu menjadi enak untuk diperdengarkan kepada penonton.

Oke, mari kita coba untuk mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Siapkan sebuah song (dengan extension *.mid) yang akan anda ganti pada sebuah flashdisk yang telah anda tancabkan di port USB (ada di bagian belakang mesin 910/710), atau juga bisa dari song yang ada sudah ciptakan/buat sendiri pada keyboard 910 sebelumnya yang disimpan pada memori 910.

2. Loading/panggil song tadi, lalu coba anda mainkan dengan cara menekan tombol "play' yang ada pada bagian kiri atas dari dashboard 910.

3. Nah, jika anda ingin mengganti salah satu voice/instrumen yang ada, contohnya anda ingin mengganti instrumen drum pada "rythm", anda bisa menekan tombol "mixing console", lalu masuk ke menu "mixing console (style part)" dengan memencet tombol angka 3 disebelah kiri LCD.


pada point ini, anda bisa memencet tombol menu "mixing console" sebanyak 2 kali agar bisa masuk ke menu mixing console (style part) seperti gambar dibawah ini.


4. Gantilah instrumen yang anda ingin ganti dengan instrumen drum yang tersedia di memori 910, ada banyak instrumen drum yang bisa anda ganti.(lihat gambar)


5. Siapkan tombol autosave revoice pada bagian atas display, sehingga begitu anda ganti "voice" dari sebuah instrumen dengan instrumen yang lain, maka secara otomatis sistem 910 akan menyimpan bunyi/voice instrumen yang telah anda ganti.

6. Lakukan hal yang sama untuk bunyi/voice instrumen yang lain seperti untuk "rythm1", "rythm2", "bass", "chd1", "chd2" dan seterusnya dengan voice lain yang anda senangi jika anda memang menginginkannya.

7. Simpan song yang sudah anda ganti voice-nya ke memori mesin 910 atau ke dalam flashdisk.

8. Coba nikmati bunyi/voice yang sudah anda ganti, jika terasa masih kurang "sedap", anda bisa mengganti voice tadi dengan suara instrumen yang lain, sehingga song tadi terdengar enak untuk anda.

Untuk saat ini, saya masih mempelajari mengganti voice untuk song, namun untuk style, saya belum bisa mengganti voice untuk rithym, misalnya style dangdut yang akan saya ganti voice gendang-nya dengan voice lainnya, saya masih harus belajar keyboard lebih dalam lagi dari para master, atau mungkin anda ingin memberikan masukan untuk belajar keyboard kita?, silahkan menuliskan komentarnya, ditunggu yah..:)

Semoga bermanfaat.

Cara Mengedit Song di Yamaha PSR 910 | Belajar Keyboard Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown