Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Ini Dia 5 Fakta Internet Marketing Yang Perlu Anda Ketahui...!

Internet marketing adalah profesi yang memberikan informasi kepada calon pembeli/prospek yang sedang mencari sebuah informasi atau produk yang ada di internet/lewat media internet sehingga pada akhirnya prospek tadi membeli atau mendapatkan apa yang dia butuhkan. Seorang internet marketer harus mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pasar dan semua aspek yang ada didalamnya, termasuk pengetahuan tentang apa itu market, micro niche, product, traffic, keyword research, conversion, web design dan SEO. Masih bingung?, oke kita kupas semua yang berhubungan dengan internet marketing disini.

1. Market/pasar

ada beberapa penjelasan yang singkat tentang apa itu market :
- Market adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan atau hasrat yang sama untuk sebuah produk tertentu/niche.
- Market juga adalah orang-orang yang mempunyai kapasitas untuk membayar (dengan kartu kredit, Paypal, transfer bank, dll.)
- Market atau pasar adalah sebuah gerakan yang di termotivasi untuk "membeli" sesuatu untuk memuaskan kebutuhan mereka.

Jadi untuk bisa bersaing di bidang internet marketing, maka anda harus tentukan dulu, dimana market yang akan anda pilih. Tentunya akan ada banyak market yang "berseliweran" di internet, jadi jangan takut kehilangan market anda untuk menjual sebuah produk di internet, asal kita mau belajar untuk mendapatkan "niche" bisnis anda.

2. Micro niche/ceruk pasar

Niche atau biasanya di sebut ceruk pasar, artinya adalah definisi market yang lebih simpel lagi atau lebih terfokus lagi, misalnya jika anda membidik market resep masakan indonesia, maka anda bisa tentukan niche dengan topik "nasi uduk betawi", atau "telur sambel balado" atau yang lebih spesifik lagi.

coba kalau kita bandingkan dengan off-line marketing, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis offline.

Yang pertama adalah sangat susah sekali dan mahal (relatif sih...) menentukan niche dalam offline marketing, karena kita harus menentukan topik jualan kita, misalnya kita mau jualan televisi, khan otomatis kita musti punya toko dulu, lalu ngurus ina-ini (tetek bengek:red) agar toko bisa mulai dagan, belum lagi musti promo dulu di pameran dan sebagainya, tentu akan membuang banyak biaya bukan?.

3. Keyword/kata kunci

Di internet marketing, orang pasti akan mencari sesuatu dengan mengetikkan keyword/kata kunci yang mewakili hasrat mereka untuk menemukan sesuatu yang mereka cari.

Oleh karena ada beberapa keyword atau kata kunci yang sering dicari oleh orang, maka kata kunci tadi menjadi sangat berharga dan bernilai mahal, dan semakin banyak pula website-website/blog yang menggunakan kata kunci tadi, sehingga memperbesar kompetisi dalam search engine untuk kata kunci tersebut.

Ada beberapa level untuk kata kunci yang sering orang cari di search engine :
- diatas satu juta saingan, level ini disebut dengan kata kunci pasar luas (Mega Market Keyword) artinya banyak sekali website yang menggunakan sebuah kata kunci, sehingga sangat sulit untuk membidik konsumen.
-saingan dengan jumlah 30 ribu sampai satu juta webpages. Level ini disebut dengan niche keyword, atau kata kunci yang menguntungkan atau ada pasar-nya.
-Dibawah 30 ribu, nah untuk saingan yang berjumlah dibawah angka ini, anda akan menemukan pasar yang bagus artinya anda berada pada level "micro-niche keyword".

4. Product


Untuk produk bagi sebagian IM-er memang tidak sulit untuk dicari atau dibuat sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat produk sendiri, diantaranya adalah dengan membuat ebook atau video tutorial dengan menggunakan Software Camtasia atau sejenisnya.

Namun sebagian besar Im-ers menjual produk orang lain ketimbang produknya sendiri (contohnya saya ini, jualan dari amazon untuk produk kamera> dan televisi HDTV. Karena selain mudah mendapatkan akses untuk "menjual" kita juga akan memiliki produk yang tidak bakal habis (out of stock).

5. Traffic/pengunjung


Namanya juga toko online, jadi harus ada pegunjung yang datang ke toko kita, agar terjadi pembelian. Traffic atau kunjungan calon pembeli ke toko kita harus kita "generate" sebanyak-banyaknya agar terjadi conversion yang menguntungkan, artinya dari sekian banyak pengunjung, harus terjadi penjualan.

Oleh karenanya design website yang menarik sedikit banyak berpengaruh kepada conversion yang terjadi, jadi jangan asal dalam men-design website online kita. harus se-menarik mungkin, agar pengunjunga/calon konsumen betah dan mau kembali mengunjungi web kita.

Semoga bermanfaat.

Ini Dia 5 Fakta Internet Marketing Yang Perlu Anda Ketahui...! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar