Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

5 Kesalahan Fatal Dalam Memulai Bisnis Internet

kesalahan bisnis internetApa yang anda pikirkan ketika ingin memulai bisnis online? apakah anda memikirkan produk anda akan dibeli banyak orang?, atau memikirkan website anda akan menduduki nomer pertama hasil pencarian dari mesin pencari dengan kata kunci produk yang anda targetkan?, ataukah saya akan mendapat banyak earning?. Banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan oleh semua orang yang ingin memulai bisnis internet dan tidak jarang pula banyak yang melakukan kesahan ketika mulai berbisnis online, padahal dengan menghindari/meminimalisir kesalahan-kesalahan berikut, kita bisa sukses berbisnis online di internet. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?.

1. Tidak punya ide,
ide merupakan hal yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis di internet. jika anda tidak memiliki ide bisnis, bisa jadi anda mungkin terperosok kedalam model bisnis yang justru merugikan anda, sungguh sangat disayangkan, bukan?.

Ide bisa kita temukan disekitar kita. Mencari ide dalam bisnis internet sangat mudah sekali dilakukan. Banyak tempat-tempat ide yang bisa kita jelajahi ataupun kita explore lebih lanjut agar kita bisa menemukan ide bisnis yang cocok dengan kita.

Di blog ini, sudah saya sediakan link pada widget/side bar di sebelah kanan untuk mencari ide/micro niche untuk anda cari, cari sebanyak-banyaknya ide untuk anda pelajari sebagai bekal website anda.

2. Tidak melakukan riset terhadap ide/niche,
kebanyakan para internet marketer pemula tidak melakukan hal ini padahal riset terhadap ide/micro niche sanga vital artinya bagi kelangsungan bisnis online kita.

Riset yang saya maksud adalah dengan mengetahui berapa banyak pencari di search engine seperti google terhadap kata kunci yang kita bidik pada website kita.

Saran saya, banyak-banyaklah belajar riset kata kunci dengan menggunakan tools gratis dari google adword keyword tool, sehingga kita tahu berapa banyak pencari kata kunci kita setiap hari/bulannya.

3. Berada pada kompetisi SEO yang salah,
Kesalahan ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan riset no.2 diatas. Jadi ketika anda salah memilih kompetisi, anda tidak akan tahu kapan anda akan mengalahkan posisi dari urutan 10 besar SERP di Google. Oleh karena itu saya sarankan untuk memilih keyword dengan kompetisi yang tidak terlalu besar, artinya jumlah pesaing anda tidak terlalu banyak sehingga kemungkinan untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian-pun lebih besar.

4. Tidak membeli domain sesuai keyword yang ditarget,
usahakan agar membeli domain sesuai dengan keyword yang anda target dan telah di-riset sebelumnya, karena domain yang mengandung kata kunci memperbesar faktor SEO on-page website anda, sehingga besar kemungkinan ter-index dengan cepat oleh search engine.

5. Tidak membeli hosting sesuai negara yang ditarget,
hosting adalah hal yang terpenting dalam dunia internet marketer yang meng-haruskan kita agar memiliki website penjualan dengan hosting yang tangguh dan mampu melayani kebutuhan pasar.

Setelah anda berhasil mencari kata kunci untuk website anda dan membeli domain, sekarang waktunya untuk mencari negara dengan pencari terbesar kata kunci anda, minimal pilih 3 negara teratas, kemudian beli hosting yang server-nya berada di salah satu negara tadi, supaya kenapa?, agar website anda bisa diakses lebih mudah dengan pasar anda. Saya pribadi lebih senang menargetkan pasar seperti United States (US), United Kingdom (UK) dan negara-negara lain yang aktifitas "online-buying"-nya lebih tinggi...

Semoga bermanfaat.

5 Kesalahan Fatal Dalam Memulai Bisnis Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar