Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Belajar PDMS

 Belajar PDMS


PDMS adalah sebuah software platform berbasis 3 Dimensi untuk membuat sebuah master plant. PDMS sering dipakai dalam dunia engineering untuk membuat design pra rencana sebuah plant yang hendak dibuat. Saat ini PDMS sangat dikenal oleh para designer yang berkecimpung dalam dunia oil & gas. Tak tanggung-tanggung gaji yang diterima oleh operator PDMS adalah puluhan juta rupiah, bagaimana tertarik untuk belajar PDMS.

Belajar PDMS memang tidak mudah, namun tidak pula sulit jika ada kemauan. PDMS adalah pengembangan software dengan platform 3 dimensi. Dalam dunia engineering membuat 3 dimensi bisa juga dikerjakan dengan software engineering yang lain seperti AutoCAD. AutoCAD juga bisa dipelajari dengan sangat mudah.

Perlu diketahui bahwa belajar software-software engineering seperti AutoCAD, PDMS, Tekla dan lain sebagainya, di luar sana tarif untuk belajar PDMS sangatlah mahal, berkisar 3-5 juta rupiah, wow fantastis bukan? , makanya wajar jika bayaran operator CAD atau PDMS mencapai puluhan juta rupiah.



Tawaran kerja PDMS dan AutoCAD sendiri bisa mencakup sampai luar negeri. Pernahkah terbayang jika belajar PDMS saat ini bisa menghasilkan 25-30 juta rupiah jika bekerja di luar negeri, bahkan untuk seorang admin PDMS bisa mencapai 45 juta rupiah di negeri jiran. Jadi sudah pasti PDMS menjadi incaran para pencari kerja di bidang migas bukan?

Apakah belajar PDMS sulit?

Belajar PDMS sebenarnya sama dengan membuat bangun 3 dimensi dengan AutoCAD, cuma hanya saja dalam PDMS bisa memberikan database berupa data-data material apa saja yang dipakai dalam PDMS. Sedangkan dalam menggambar AutoCAD 3D atau 2D tidak bisa diberikan keterangan material, kecuali diberikan note dalam gambar 2 Dimensi.

Baca juga : Bagaimana mengganti 3 kolom dari finalsense

Keunggulan PDMS adalah dengan design yang lebih detail, sehingga memberikan gambaran kepada seluruh user PDMS untuk mendesign equipment sesuai dengan kebutuhan proyek.

Jika saat ini Anda sedang belajar AutoCAD, maka itu sama pentingnya dengan belajar  PDMS, namun tetaplah mempelajari AutoCAD terlebih dahulu, karena PDMS ini bersifat untuk pengguna/user advanced sehingga jika basic AutoCAD anda mumpuni, maka Anda layak naik kelas untuk menguasai PDMS.

Lalu apa Manfaat Belajar PDMS Untuk Structure Designer?


Nah untuk designer structure, mengenal dan menguasai PDMS merupakan keharusan dan wajib hukumnya, karena dengan demikian bisa memperkaya keahlian serta menjadi jalan untuk dikenal sebagai designer professional yang menguasai software design.

Structure designer adalah sebuah profesi dimana seorang CAD drafter bisa menjadi Designer dikala ia mampu membuat design master plant sendiri dengan memberikan material yang sudah biasa ia pakai, sehingga dengan kemampuan di bidang software PDMS ini akan memberikan nilai tambah bagi dirinya dan tentunya para perusahaan minyak yang mencari tenaga designer structure dengan keahlian PDMS ini.

Demikian artikel tentang pentingnya belajar PDMS, semoga saja Anda sukses dalam menimba ilmu baru dalam dunia engineering ini, dan saran saya jangan menyerah dalam menyerap ilmu PDMS, karena belajar PDMS adalah sebuah proses menuju kesuksesan karir Anda.

Belajar PDMS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan iskandar