Bisnis Internet | Internet Marketing | Blogging Tips | SEO | Motivasi

Kenali 8 Karakter Pebisnis [Internet] Sukses Pada Diri Anda [Bag. Pertama]

Hosting Unlimited Indonesia

Sukses memiliki sebuah bisnis di rumah merupakan dambaan setiap personal yang menjalankannya dengan sungguh-sungguh, namun keberadaan kita pada bisnis yang sedang kita jalankan, tidaklah bergantung hanya kepada niat dan modal yang telah kita miliki sekarang. Ada beberapa karakter yang mungkin harus anda miliki saat ini juga untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses, apapun model bisnis anda.

Yang pertama adalah kecepatan. Dengan segala percepatan perkembangan teknologi, globalisasi, dan internet, laju perubahan pun semakin cepat dari yang pernah dibayangkan. Karena itu, Anda harus bisa mengantisipasinya dan sanggup bereaksi cepat, tapi juga penuh perhitungan.

Dinamika bisnis yang semakin hari semakin canggih, mewajibkan kita untuk terus mengikuti perubahan yang ada setiap saat, oleh karenanya seorang pebisnis (IM-ers) harus bisa memiliki kecepatan yang solid dalam menghadapi segala tantangan.

Lalu yang kedua adalah karakter kemampuan beradaptasi. Setiap makhluk hidup di alam ini dibekali dengan modal untuk beradapatasi, karenanya sebagai makhluk yang sempuran, tentunya kita-pun wajib untuk menggunakannya sebagai alat untuk bisa ber-interaksi dengan makhluk lain.

Laju perubahan yang terjadi pada dunia internet membutuhkan bisnis yang lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan sebelumnya. Anda harus menambah pengetahuan dan mampu menginterpretasinya, serta secara cepat merespon perubahan tersebut dimanapun terjadinya baik dalam teknologi dan kompetisi, juga pada pergantian pola pasar dan pembeli.

karakter selanjutnya adalah mau untuk terus ber-eksperimen. Segala sesuatu yang ada di dunia ini selalu berubah-ubah, oleh karenanya sebagai pebisnis sukses anda harus bisa melakukan uji-coba terhadap apa-apa yang bisa anda lakukan dalam kaitannya dengan bisnis anda.

Seorang netpreneur harus bersedia mencoba ide-ide baru di pasar yang dibidiknya. Anda tidak memiliki banyak waktu atau hanya mengandalkan 'market research' yang sudah tidak up to date untuk mengevaluasi tindakan-tindakan Anda . Eksperimen dan siap bergerak cepat untuk beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar kepada Anda.

Karakter ke-empat yang harus anda perhatikan pada diri anda untuk menjadi seorang pebisnis sukses adalah dengan terus melakukan innovasi tanpa henti/konstan.

Meluncurkan produk ke pasar hanyalah sebuah permulaan. Dorongan kompetisi yang tak kenal henti dan tuntutan pasar terhadap perbaikan membuat fokus bisnis pada inovasi sangat penting.

Saya teringat pada pesan seorang teman saya yang notabene-nya adalah seorang drafter dan sedang kuliah mengambil jurusan teknik sipil pada perguruan tinggi di sebuah universitas di Jakarta.

Dia mengatakan pada saya bahwa, dalam dunia bisnis, ada istilah yang harus diingat, yaitu ATM, singkatan dari Amati, Teliti dan Modifikasi, artinya sebuah bisnis bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat, kalau kita mau dan bisa mengamati sebuah model bisnis, kemudian kita teliti lalu kita modifikasi atau kita ubah sedikit bentuknya.

Wah, saya sangat salut kepada teman saya ini. Mungkin kalau anda yang saat ini punya sebuah bisnis di rumah, renungkanlah kembali hakekat anda berbisnis saat ini. Apakah anda sudah memiliki 4 dari 8 karakter diatas?, jika anda merasa sudah melakukannya, saya ucapkan selamat. Oke kita jumpa lagi di 4 (empat) karakter selanjutnya di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Kenali 8 Karakter Pebisnis [Internet] Sukses Pada Diri Anda [Bag. Pertama] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown